Penyuluhan Tentang Demam Pada Anak Kepada Masyarakat di Desa Gagaksipat

Authors

  • Farid Fitriyadi Universitas Sahid Surakarta, Indonesia
  • Ricky . Universitas Sahid Surakarta, Indonesia
  • Ferry Tabah Saputra Universitas Sahid Surakarta, Indonesia
  • David wiharjuno Universitas Sahid Surakarta, Indonesia
  • Riko Octavian Universitas Sahid Surakarta, Indonesia
  • Eri Lisdiyanto Universitas Sahid Surakarta, Indonesia
  • Rizal Dharmawan Universitas Sahid Surakarta, Indonesia

Keywords:

demam anak, penanganan demam pada anak, pengetahuan masyarakat

Abstract

Penanganan demam pada anak tergantung pada peran orangtua, terutama ibu, sehingga diperlukan pengetahuannya dalam menangani demam. Namun,tingkat pengetahuan ibu sangat bervariasi yang mengakibatkan perbedaan pengelolaan demam pada anak. Pengetahuan yang kurang mengakibatkan penanganan yang tidak tepat, sehingga penyembuhanmenjadi kurang optimal. Penyuluhan ini bertujuan untuk mengidentifikasi pengetahuan ibu mengenai demam pada anak serta cara penanganannya. Metode yang digunakan pada kegiatan ini yaitu observasi, penyuluhan secara langsung, tanya jawab, dan diskusi. Pada kegiatan ini terdapat 20 masyarakat yang mengikuti penyuluhan secara langsung. Dari hasil tanya jawab dan diskusi masih terdapat masyarakat yang belum mengetahui cara penanganan demam pada anak yang baik dan benar serta pemberian obat yang sesuai untuk anak yang sedang demam. Selain itu, masih banyak masyarakat yang belum mengetahui cara penanganan pertama untuk anak yang mengalami demam.

References

Arvin, Behrman Kliegman. 2000. Ilmu Kesehatan Anak Nelson Vol.1 E/15. Jakarta: Penerbit Buku Kedokteran EGC

Fathnur Rohman, 2022, Mengenal Penyebab, Gejala, dan Cara Menurunkan Demam pada Anak, https://katadata.co.id/intan/berita/61d811d5515f3/mengenal-penyebab-gejala-dan-caramenurunkan-demam-pada-anak, diakses tanggal 29 Juli 2022.

Ikatan Dokter Anak Indonesia, 2014, Kejang Demam: Tidak Seseram yang Dibayangkan,

http://www.idai.or.id/artikel/klinik/keluhananak/kejang-demam-tidak-seseramyangdibayangkan, diakses tanggal 1 Agustus 2022.

Riandita (2012). Hubungan Antara Tingkat Pengetahuan Ibu Tentang Demam Dengan Pengelolaan Demam Pada Anak di bangsal infeksi RSUP Dr.Kariadi Semarang.

Downloads

Published

2022-12-12

Issue

Section

Articles

Citation Check