PERANCANGAN DESAIN UI/UX WEBSITE POLITEKNIK NEGERI JAKARTA BERBASIS DESIGN THINKING
Keywords:
Website, User Interface (UI), User Experience (UX), Design Thinking, InformasiAbstract
Salah satu indikator sebuah website yang baik adalah memiliki User Interface (UI) yang menarik dan User Experience (UX) yang dapat meningkatkan kenyamanan penggunanya. Pada dasarnya, data UX merupakan informasi dasar yang digunakan oleh desainer UI untuk merancang tampilan antarmuka agar dapat menyusun tampilan, alur, dan kategori konten secara ergonomis sebagaimana diharapkan oleh pengguna. Hal ini akan memastikan bahwa pengguna dapat dengan mudah menemukan informasi yang mereka cari dan merasa nyaman saat mengaksesnya. Website PNJ merupakan website berbasis pendidikan yang menawarkan berbagai fitur dan informasi baik untuk pihak internal maupun eksternal. Penelitian ini menggunakan pendekatan deskriptif kualitatif dengan metode design thinking yang melibatkan partisipan civitas akademika di lingkungan PNJ. Hasil dari penelitian ini berupa prototype website dengan desain UI/UX yang telah dikembangkan dan disesuaikan dengan permasalahan serta kebutuhan yang ditemukan. Design Thinking merupakan solusi yang memenuhi kebutuhan dan mampu mengatasi masalah pengguna saat menggunakan website PNJ. Prototype yang dihasilkan dari penelitian telah diuji coba kepada sejumlah responden dan berhasil mendapatkan tanggapan positif. Responden menyatakan kenyamanan dan efektivitasnya dengan desain prototype website PNJ.
Downloads
References
Amelia. (2019). Manajemen Sumber Daya Manusia Teori Konsep dan Indikator. Pekanbaru: Zanafa Publishing.
C. Ranganathan, S. Ganapathy (2002) Key Dimensions of Business-to-Consumer WebsitesDOI:10.1016/S0378-7206(01)00112-4
Doni, R., & Rahman, M. (2020). Sistem Monitoring Tanaman Hidroponik Berbasis Iot (Internet of Thing) Menggunakan Nodemcu ESP8266. J-SAKTI (Jurnal Sains Komputer Dan Informatika), 4(2).
Elda Chandra Shirvanadi, (2021) Perancangan Ulang Ui/Ux Situs E-Learning Amikom Center Dengan Metode Design Thinking
Fauzi, A. H., & Sukoco, I. (2019). Konsep Design Thinking pada Lembaga Bimbingan Belajar Smartnesia Educa. Organum: Jurnal Saintifik Manajemen dan Akuntansi,
Garrett, Jesse James. 2011. The Elements of User Experience. California: New Rider
Gregorius, Agung. 2000. Desain Web Interaktif Dengan Frontpage 2000 dan Dreamweaver 4. Jakarta: PT Elex Media Komputindo.
Lee, G.-G. and Lin, H.-F. (2005) Customer Perceptions of E-Service Quality in Online Shopping. International Journal of Retail & Distribution Management,33, 161-176.
Lupiyoadi, R & Hamdani, A. 2006. Manajemen Pemasaran Jasa. Jakarta:Salemba Empat.
Nash, John F. 1995. PENGERTIAN SISTEM INFORMASI. Jakarta : Informatika
Rizki Mardhatillah, (2022) Implementasi Metode Design Thinking DalamPerancangan Prototype UI/UX Aplikasi E-Event
Robbins, Jennifer Niederst (2018), Learning Web Design A Beginner's Guide To HTML, CSS, Javascript, And Web Graphics, Canada: O’Reilly Media, Inc.
Pressman, R. S., & Maxim, B. R. (2015). Software Engineering A Practitioners's Approach Eighth Edition (8th ed.). New York: Mc Graw Hill Education.
Shneiderman, B., Plaisant, C., Cohen, M., Jacobs, S., & Elmqvist, N. (2016).Designing the User Interface: Strategies for Effective Human-ComputerInteraction: Sixth Edition. (https://www.cs.umd.edu/users/ben/goldenrules.html )
Snheiderman, B. (t.thn.). 8 Golden Rules. Diambil kembali dari Shneiderman, B.(n.d.). Ben Shneiderman. Retrieved from https://www.cs.umd.edu/~ben/goldenrules.html
Sonja Grabner‐Kräuter, Ewald A. Kaluscha (2003) Empirical research in on-linetrust: a review and critical assessment DOI:10.1016/S1071-5819(03)00043-0