Pengaruh Pembelajaran Metode Latihan Terhadap Hasil Tolak Peluru gaya ortodok Sekolah Khusus Olahraga Disabilitas (SKODI)

Authors

  • Bagus Kuncoro Universitas Tunas Pembangunan Surakarta, Indonesia
  • Kodrad Budiyono Universitas Tunas Pembangunan Surakarta, Indonesia
  • Pipit Fitria Yulianto Universitas Tunas Pembangunan Surakarta, Indonesia
  • Eriek Satya Haprabu Universitas Tunas Pembangunan Surakarta, Indonesia
  • Risa Agus Teguh Wibowo Universitas Tunas Pembangunan Surakarta, Indonesia
  • Hamim Surya Amijaya Universitas Tunas Pembangunan Surakarta, Indonesia

Keywords:

Latihan Bench Press, Dumbbell Variations, Tolak Peluru gaya ortodok

Abstract

Tujuan: penelitian untuk mengetahui Perbedaan Pengaruh Metode Latihan Incline Bench Press Dan Dumbbell Variations Terhadap Hasil Tolak Peluru gaya ortodok Dalam Cabang Olahraga Atletik Pada Atlit Atletik SKODI Khusus Jawa Tengah Tahun 2023, dan jika ada perbedaan maka untuk mengetahui mana yang lebih baik antara Latihan Incline Bench Press Dan Dumbbell Variations Terhadap Hasil Tolak Peluru gaya ortodok Dalam Cabang Olahraga Atletik Pada Atlit Atletik SKODI Khusus Jawa Tengah Tahun 2023.
Metode: Sampel penelitian adalah Pada Atlet Atletik SKODI Khusus Jawa Tengah
dengan jumlah 30 siswa. Pengambilan sampel menggunakan teknik Porpusive Sampling. Variabel penelitian ini yaitu Hasil Tolak Peluru gaya ortodok dengan Latihan Incline Bench PressDan Dumbbell Variations sebagai variabel bebas serta hasil Tolak Peluru gaya ortodok variabel terikat. Rancangan penelitian menggunakan pretest-posttest design. Metode analisis data penelitian menggunakan rumus t-test yang diperhitungkan menggunakan rumus pendek.

Hasil: analisis data maka simpulan diperoleh: (1) Ada perbedaan pengaruh yang signifikan antara Metode Incline Bench Press Dan Dumbbell Variations Terhadap Hasil Tolak Peluru gaya ortodok Dalam Cabang Olahraga Atletik Pada Atlit Atletik SKODI Khusus Jawa Tengah Tahun 2023. Hal ini dibuktikan dari hasil penghitungan tes akhir masing-masing kelompok yaitu thitung = 3.35 lebih kecil dari pada ttabel = 2,145 dengan taraf signifikasi 5%. (2) Latihan Metode Incline Bench Press lebih baik pengaruhnya dari pada metode Dumbbell Variations Terhadap Hasil Tolak Peluru gaya ortodok Dalam Cabang Olahraga Atletik Pada Atlit Atletik SKODI Khusus Jawa Tengah Tahun 2023. Berdasarkan persentase peningkatan kemampuan Tolak Peluru gaya ortodok dalam cabang olahraga atletik menunjukkan bahwa kelompok 1(kelompok yang mendapat perlakuan dengan Metode Bench Press) adalah 32.99% >kelompok 2 (kelompok yang mendapat Metode Dumbbell Variations) adalah 27.18%.

References

(1) Arikunto, Suharsimi. 2006. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik Edisi. Revisi. Jakarta: Rineke Cipta.

(2) Homan, M., dan Miller, L. J. (2008). Coaching in organizations: Best coaching practices from the Ken Blanchard Companies. John Wiley & Sons.

(3) Wiarto, G. (2013). Atletik. Yogyakarta: Graha Ilmu.

(4) Winendra, A., Kharisma, J., & Joe, M. (2008). Atletik. Yogyakarta: Pustaka Insan Mandiri.

Downloads

Published

2024-01-04

Issue

Section

Articles

Citation Check