Perilaku Perundungan (Bullying) ditinjau dari Teori Pembelajaran Sosial

Authors

  • Luh Putu Shanti Kusumaningsih Fakultas Psikologi, Universitas Islam Sultan Agung, Semarang, Indonesia, Indonesia

Keywords:

Perilaku, Bullying, Pembelajaran Sosial

Abstract

Permasalahan dalam penelitian ini adalah bagaimana perilaku perundungan (bullying) ditinjau dari teori pembelajaran social. Latar belakang masalah di dasarkan pada maraknya kasus perundungan atau bullying yang akhir-akhir ini sering terjadi di masyarakat. Hal yang dirasa memprihatinkan dan dirasa perlu digaris bawahin adalah bentuk perilaku perundungan yang dikategorikan mengarah pada perilaku kriminal. Salah satu faktor yang menyebabkan perilaku perundungan diketahui karena adanya imitasi yang dilakukan anak terhadap lingkungan di sekitarnya baik melalui orang tua, guru dan media masa yang menampilkan situasi atau perilaku kekerasan. Perilaku yang ditampilkan oleh lingkungan diamati dan dipelajari untuk diterapkan dalam kehidupan sehari-hari. Metode penelitian dalam makalah ini menggunakan Systematic Literature Review (SLR). Adapun jurnal yang digunakan untuk review literatur adalah sejumlah 23 jurnal. Ditinjau dari teori pembelajaran social diketahui bahwa bahwa kecakapan dalam bersikap dan berperilaku cukup fleksibel untuk dipelajari oleh manusia. Manusia cenderung mendapatkan banyak pelajaran dari akivitas mengamati orang lain. Pada hakikatnya, perilaku Bullying dipelajari melalui proses peniruan atau modelling. Berdasarkan uraian tersebut maka dapat diketahui bahwa teori pembelajaran social dapat menjelaskan terjadinya perilaku perundungan pada anak

References

(1) Agisyaputri, E., Nadhirah, N. A., & Saripah, I. (2023). Identifikasi Fenomena Perilaku Bullying pada Remaja . Jubikops : Jurnal Bimbingan Konseling dan Psikologi Volume 3 No. 1 Maret , 19-30.

(2) Ahmad, N. (2021). Analisis Perilaku Bullying Antar Siswa Terhadap Pembentukan Karakter Siswa di SDN Sangir Kecamatan Wajo Kota Makassar. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Dasar "Merdeka belajar dalam Menyambut Era Masyarakat 5.0" ISBN 978-623-98648-2-8 (pp. 150-173). Gorontalo : Pascasarjana Universitas Negeri Gorontalo .

(3) BBC, N. I. (2023, September 21). Mata Siswi SD di Gresik Ditusuk Hingga Buta - "Perundungan di Indonesia sudah darurat". Retrieved from http://www.bbc.com

(4) Herawati, N., & Deharnita. (2019 ). Gambaran Faktor-faktor Penyebab Terjadinya Perilaku Bullying pada Anak . NERS : Jurnal Keperawatan, Volume 15 No. 1 Maret , 60-66.

(5) Indonesia, B. N. (2023, September 21). Retrieved from http://www.bbc.com

(6) Jelita, N. S., Purnamasari, I., & Basyar, M. A. (2021). Dampak Bullying Terhadap Kepercayaan Diri Anak . Refleksi Edukatika : Jurnal Ilmiah Kependidikan Volume 11 No. 2 Juni , 232-240.

(7) Khairunisa, Firman, & Riska. (2022). Impelementasi Konseling Multikultur dalam Menanggulangi Bullying . Jurnal Mahasiswa BK An-Nur : Berbeda, Bermakna, Mulia Volume 8 No. 2 , 97-103.

(8) Kitchenham, B., & Charters, S. (2007). Guidlines for Performing Systematic Literature Reviews in Software Engineering. Keele University and Durham University Joint Report.

(9) Lesilolo, H. J. (2018). Penerapan Teori Belajar Sosial Albert Bandura dalam Proses Belajar Mengajar di Sekolah. Kenosis Volume 4 No. 2 Desember , 186-202.

(10) Lestari, W. S. (2016). Analisis Faktor-Faktor Penyebab Bullying . Sosio Didaktika : Social Science Education Jurnal Volume 3 No. 2, 147-157.

(11) Mattiro, S., Widaty, C., & Renaldy, M. (2022). Perilaku Imitasi pada Youtuber : Studi pada Siswa SMPN 3 Martapura. Jurnal Ilmiah Mandala Education (JIME), Volume 8 No. 2 April, 279-291.

(12) Munjidah, & Hanif, M. (2022). Kekerasan dalam Dunia Pendidikan (Studi Peran dalam Mencegah Bullying di SDN 2 Kalikesur Kecamatan Kedungbanteng Kabupaten Banyumas. Jurnal Kependidikan Volume 10 No. 2 November , 301-324.

(13) Nahar, I. N. (2016). Penerapan Teori Belajar Behavioristik dalam Proses Pembelajaran. Nusantara : Jurnal Ilmu Pengetahuan Sosial Volume 1 Desember , 64-74.

(14) Pertiwi, F. D. (2019). Hubungan Sikap dengan Pengalaman (Bullying) pada Siswa SMKN 2 Kota Bogor. Hearty Jurnal Kesehatan Masyarakat Volume 7 No. 1 Februari - Agustus , 1-8.

(15) Qatrunnada, N., Milenia, N. A., Maisarah, & Rifani, R. (2023). Workshop Pola Asuh dan Penanganan Anak Agresif . Jurnal Kebajikan Jurnal Pengabdian Masyarakat Volume 1 No. 3 Mei, 55-59.

(16) Rahayu, B. A., & Permana, I. (2019). Bullying di Sekolah : Kurangnya Empati Pelaku Bullying dan Pencegahan. Jurnal Keperawatan Jiwa Volume 7 No. 3 November , 237-246.

(17) Ratulangi, A., & Winanda, P. (2023). Hakikat Manusia Sebagai Individu dan Keluarga Serta Masyarakat . Indonesian Journal of Multidiscipinary Scientific Studies (IJOMSS), Volume 1 No 1 Juli , 15-19.

(18) Rosana, E. (2015). Konflik pada Kehidupan Masyarakat (Telaah Mengenal Teori dan Penyelesaian Konflik pada Masyarakat Modern) . Al-AdYaN Volume X No. 2 Juli-Desember , 216-230.

(19) Rufaedah, E. A. (2018). Teori Belajar Behavioristik Menurut Perspektif Islam. Risalah Jurnal Pendidikan dan Studi Islam Volume 4 No. 1 , 14-30.

(20) Sinaga, S. I. (2022). Stop Bullying dengan Pendidikan Multikultural . Pernik Jurnal PAUD Volume 5 No. 2 April , 38-45.

(21) Siregar, A. N. (2022). Pandangan Filosofis Tentang Perilaku Bullying pada Siswa di Sekolah. Pendalas : Jurnal Penelitian Tindakan Kelas dan Pengabdian Masyarakat Volume 2 No. 3, 215-228.

(22) Sulisrudatin, N. (2015). Kasus Bullying dalam Kalangan Pelajar (Suatu Tinjauan Kriminologi). Jurnal Ilmiah Hukum Dirgantara Volume 5 No. 2 Maret , 57-70.

(23) Tirmidziani, A. (2018). Upaya Menghindari Bullying pada Anak Usia Dini Melalui Parenting . Jurnal Pendidikan : Early Childhood, Volume 2 No. 1 Mei , 1-8.

(24) Utami, R. R. (2020 ). Behavioral Therapy untuk Mengurangi Perilaku Agresi Fisik pada Anak . Procedia Studi Kasus dan Intervensi Psikologi , Volume 8 No. 2 Juni , 72-81.

(25) Wahyuni, N., & Fitriani, W. (2022). Relevansi Teori Belajar Sosial Albert Bandura dan Metode Pendidikan Keluarga dalam Islam . Qalam : Jurnal Ilmu Kependidikan Volume 11 No. 2 Desember , 60-66.

(26) Yanuardianto, E. (2019). Teori Kognitif Sosial Albert Bandura (Studi Kritis dalam Menjawab Problem Pembelajaran di MI). Jurnal Auladuna Volume 1 No. 2 Oktober , 94-111.

Downloads

Published

2024-01-04

Issue

Section

Articles

Citation Check