Pengaruh Terapi Spiritual Qur’anic Emotional Freedom Technique Terhadap Perubahan Skor Brief Psychiatric Rating Scale Pada Pasien Skizofrenia di Rumah Sakit Jiwa Daerah Surakarta

Authors

  • Ayu Kusumaningrum Universitas Sahid Surakarta, Indonesia
  • Vitri Dyah Herawati Universitas Sahid Surakarta, Indonesia
  • Lilis Murtutik Universitas Sahid Surakarta, Indonesia

Keywords:

Psikospiritual, SQEFT, BPRS, Skizofrenia

Abstract

Latar Belakang: Skizofrenia saat ini menjadi masalah kesehantan mental di dunia dengan prevalensi yang cukup tinggi. Pendekatan untuk mencegah terjadinya dampak lebih lanjut pada penderita skizofrenia, tidak hanya terapi medis melainkan juga psikospiritual. Terapi Spiritual Qur’anic Emotional Freedom Technique (SQEFT) merupakan intervensi kombinasi terapi spiritual yang menggabungkan EFT (Emotional Freedom Technique) dan terapi Al-Qur’an yang dapat diberikan pada pasien skizofrenia dalam proses pengobatan pasien skizofrenia.
Tujuan: Mengetahui pengaruh terapi Spiritual Qur’anic Emotional Freedom Technique (SQEFT) terhadap perubahan skor Brief Pshyciatric Rating Scale (BPRS) pada pasien skizofrenia di Rumah Sakit Jiwa Daerah Surakarta.

Metode Penelitian: Metode penelitian ini adalah quasy experiment dengan pretestpostest control. Data dikumpulkan sebelum dan sesudah memberikan intervensi  SQEFT. Sebanyak 26 responden ikut dalam penelitian ini yang diambil menggunakan metode purposive sampling. Penelitian ini menggunakan instrumen Brief Pshyciatric Rating Scale (BPRS) untuk mengukur gejala yang dialami pasien skizofrenia.
Hasil: Mayoritas responden terdiagnosis skizofrenia tak terinci (92,3 %) dan ratarata dirawat di rumah sakit jiwa lebih dari 2 kali (61.5%). Terapi Spiritual Qur’anic Emotional Freedom Technique (SQEFT) secara statistik mampu menurunkan skor BPRS 10 poin dan nilai p-value 0,0001 < 0,05 yang menunjukan bahwa adanya hubungan antara pemberian terpai SQEFT terhadap skor BPRS.
Kesimpulan: Terapi Spiritual Qur’anic Emotional Freedom Technique (SQEFT) terbukti memiliki pengaruh terhadap penurunan skor BPRS pada pasien skizofrenia.

Downloads

Published

2024-01-04

Issue

Section

Articles

Citation Check