Hubungan Komunikasi Terapeutik Perawat dalam Tindakan Keperawatan dengan Tingkat Kepuasan Pasien di Rs Muhammadiyah Selogiri

Authors

  • Maulana Fajar W Universitas Sahid Surakarta, Indonesia

Keywords:

Komunikasi Terapeutik, Tingkat Kepuasan Pasien

Abstract

Latar belakang: Kepuasan pasien merupakan nilai subjektif terhadap kualitas pelayan yang diberikan. Kepuasan pasien terdiri dari beberapa aspek, salah satunya aalah kinerja dan komunikasi. Komunikasi merupakan aspek paling berkaitan erat dengan perawat karena memiliki intensitas interaksi dengan pasien paling tinggi dibandingkan petugas kesehatan lain di Rumah Sakit. Faktor-faktor yang berhubungan dengan kepuasan pasien adalah karakteristik produk, harga, pelayanan, lokasi, fasilitas, image, desing visual, suasana, dan komunikasi. Komunikasi yang dilakukan perawat dalam memberikan bantuan terhadap keluhan pasien dengan cepat dan tanggap.
Tujuan: Mengetahui hubungan komunikasi terapeutik perawat dalam tindakan keperawatan dengan tingkat kepuasan pasien dibangsal mina Rs Muhammadiyah Selogiri.
Metode: Penelitian ini merupakan observasional analitik karena peneliti hanya melakukan observasi atau pengukuran variabel pada satu saat dan setiap subjek hanya diobservasi 1 kali saja. Desain penelitian yang digunakan adalah cross sectio nal. Populasi dalam penelitian ini didapatkan dari rata-rata sensus pasien diruang mina RS Mihammadiyah Selogiri yaitu sebanyak 90 pasien. Tehnik sampling dalam penelitian ini adalah purposive sampling dengan jumlah sample penelitiansebanyak 73 pasien. Penelitian ini dilaksanakan di RS Muhammadiyah Selogiri yang dilakukan pada bulan Desember 2020. Analisa bivariat menggunakan uji korelasi Spearman rho. Hasil: Ada hubungan komunikasi terapeutik perawat dalam tindakan keperawatan dengan tingkat kepuasan pasien dibangsal mina RS Muhammadiyah Selogiri dengan nilai p value 0,0001.
Kesimpulan: Kesimpulan pada penelitian ini menunjukan bahwa adanya hubungan komunikasi terapeutik perawat dalam tindakan keperawatan dengan tingkat kepuasan pasien dibangsal mina RS Muhammadiyah Selogiri.

Downloads

Published

2024-01-04

Issue

Section

Articles

Citation Check