Meningkatkan Rasa Percaya Diri Siswa melalui Model Role Playing pada Siswa Kelas XI SMA Negeri 1 Boyolali

Authors

  • Christian Resa A Universitas Tunas Pembangunan Surakarta, Indonesia
  • Dwi Age Herpito Universitas Tunas Pembangunan Surakarta, Indonesia
  • Muhammad Baidhowi Universitas Tunas Pembangunan Surakarta, Indonesia
  • Slamet santoso Universitas Tunas Pembangunan Surakarta, Indonesia

Keywords:

percaya diri, Role Playing, model, pembelajaran

Abstract

Penelitian ini berlatar belakang pada kenyataan bahwa rasa percaya diri siswa pada pembelajaran di kelas XI SMA N 1 Boyolali masih kurang. Hasil observasi rasa percaya diri siswa hanya sebesar 40%. Kurangnya kesempatan yang diberikan oleh guru kepada siswa untuk tampil di depan kelas menjadi penyebab. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan rasa percaya diri siswa melalui model role playing pada siswa kelas XI SMA N 1 Boyolali. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas (PTK) yang terdiri dari dua siklus, dimana data yang diambil yaitu berupa data observasi melalui lembar observasi rasa percaya diri siswa dan lembar observasi aktivitas guru. Penelitian ini dilaksanakan dengan 4 tahap yaitu tahap perencanaan, pelaksanaan, observasi dan refleksi. Pada saat proses belajar mengajar kegiatan pembelajaran menerapkan model pembelajaran Role Playing. Hasil penelitian ini menunjukkan penerapan model Role Playing dapat meningkatkan rasa percaya diri siswa di kelas XI SMA N 1 Boyolali.

 

Downloads

Published

2024-01-04

Issue

Section

Articles

Citation Check