PENGARUH TERAPI SPIRITUAL EMOTIONAL FREEDOM TECHNIQUE (SEFT) TERHADAP PENURUNAN KECEMASAN PADA PASIEN SKIZOFRENIA

Authors

  • Muhamad Nur Hudha Universitas Sahid Surakarta, Indonesia
  • Atik Aryani Universitas Sahid Surakarta, Indonesia
  • Vitri Dyah Herawati

Keywords:

piritual Emotional Freedom Technique (SEFT), Kecemasan, Skizofrenia

Abstract

Latar Belakang: Pasien skizofrenia akan mengalami ketakutan yang mendalam dan terjadi secara terus menerus, sehingga dapat menimbulkan gangguan dalam proses menilai kenyataan, kepribadian yang penuh, perilaku yang terganggu namun dalam batas normal, hal tersebut menandakan bahwa mereka mengalami kecemasan. Salah satu terapi untuk menurunkan kecemasan pada pasien skizofrenia melalui terapi Spiritual Emotional Emotional Freedom Technique (SEFT).
Tujuan: Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh terapi Spiritual Emotional Freedom Technique (SEFT) terhadap penurunan kecemasan pada pasien skizofrenia.
Metode Penelitian: Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif. Jenis penelitian ini menggunakan Quasi Eksperiment dengan pretest and posttest Design With Control Group. Sampel dalam penelitian ini adalah pasien skizofrenia dengan kecemasan yang sudah direhabilitasi. Jumlah sampel yang digunakan adalah 36 responden. Teknik pengambilan dengan menggunakan teknik purposive sampling. Analisis data menggunakan uji Independent T- Test.
Hasil: Hasil uji statistik menunjukkan bahwa terdapat penurunan kecemasan yang signifikan pada pasien skizofrenia setelah diberikan terapi SEFT. Hal ini ditunjukkan dengan sebagian responden setelah mendapatkan intervensi mengalami penurunan skor kecemasan dengan rata-rata penurunan nilai sebesar 6,50. Hasil uji statistik dengan uji Independent T-Test diperoleh nilai Sig. sebesar 0,0001 (Sig. > 0,05). Simpulan: Terdapat pengaruh yang signifikan setelah diberikan terapi SEFT terhadap penurunan skor kecemasan pada pasien skizofrenia.

 

Downloads

Published

2024-01-04

Issue

Section

Articles

Citation Check