HUBUNGAN INTENSITAS PENGGUNAAN GADGET DENGANINTERAKSI SOSIAL PADA ANAK SEKOLAH DI MIN 1 BOYOLALI

Authors

  • Wahyu Budi Utomo Universitas Sahid Surakarta, Indonesia
  • Sutrisno . Universitas Sahid Surakarta, Indonesia
  • Widiyono . Universitas Sahid Surakarta, Indonesia

Keywords:

Penggunaan Gadget, Interaksi Sosial, Anak Sekolah

Abstract

Latar Belakang : Penggunaan gadget pada anak yang tidak tepat akan menjadikan anak kurang perduli dengan kesehatan dan teman-teman yang ada di lingkungan sekitarnya. Saat ini banyak orang tua yang kurang perduli dengan intensitas penggunaan gadget pada anaknya. Hal ini menunjukan pendapat yang sama dengan observasi di lapangan bahwa memang benar lebih banyak orang tua mengizinkan anaknya menggunakan gadget sebagai teman bermainnya agar anak lebih mudah diawasi tanpa harus dicari, anak hanya akan berada di rumah.
Tujuan : Untuk mengetahui hubungan intensitas penggunaan gadget dengan interaksi sosial pada anak sekolah di MIN 1 Boyolali.
Metode Penelitian : Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian deskriptif korelasional dengan menggunakan desain penelitian cross sectional. Sampel penelitian ini adalah siswa kelas 5 di MIN 1 Boyolali sebanyak 65 orang. Instrumen penelitian menggunakan kuesioner intensitas penggunaan gadget dan interaksi sosial. Teknik pemilihan sampel menggunakan Simple Random Sampling. Analisadata menggunakan uji kendall tau.
Hasil : Berdasarkan Analisa data menggunakan uji kendall tau hasil penelitian menunjukkan nilai p value = 0,001 < α (0,05), yang berarti menunjukkan ada Hubungan Intensitas Penggunaan Gadget Dengan Interaksi Sosial Pada Anak Sekolah Di MIN 1 Boyolali. Nilai Coefficient Corellation adalah 0,417 yang berartiantara intensitas penggunaan gadget dan interaksi sosial memiliki kekuatan hubungan yang sedang.
Kesimpulan : Ada hubungan antara intensitas penggunaan gadget dengan interaksi social pada anak sekolah di MIN 1 Boyolali

 

Downloads

Published

2024-01-04

Issue

Section

Articles

Citation Check