HUBUNGAN TINGKAT PENGETAHUAN PERAWATAN DIRI DENGAN TINGKAT KEMANDIRIAN PERAWATAN DIRI PADA PASIEN HALUSINASI DI RSJD SURAKARTA

Authors

  • Filar Nanda Subeki Universitas Sahid Surakarta, Indonesia
  • Sutrisno . Universitas Sahid Surakarta, Indonesia
  • Indriyati . Universitas Sahid Surakarta, Indonesia

Keywords:

Tingkat Pengetahuan, Perawatan Diri, Halusinasi

Abstract

Latar Belakang : Halusinasi merupakan gangguan atau perubahan persepsi dimana individu mempersepsikan sesuatu yang sebenarnya tidak terjadi sehingga berpengaruh pada penerapan panca indra tanpa ada rangsangan dari luar. Masalah pasien halusinasi kebanyakan adalah kurang perawatan diri. Salah satu faktor yang berhubungan dengan perawatan diri adalah pengetahuan tentang pentingnya kebersihan diri akan mempengaruhi perilaku dalam aktivitas perawatan diri. Hal ini karena menderita gejala yang disebabkan penyakit skizofrenia yaitu gangguan pada fungsi kognitif, afektif, dan perilaku.
Tujuan : Mengetahui hubungan antara Pengetahuan Perawatan Diri dengan Tingkat Kemandirian Perawatan Diri Pasien Halusinasi di RSJD Surakarta.
Metode : Penelitian ini pendekatan kuantitatif. Jenis penelitian adalah penelitian deskriptif korelatif. Desain penelitian dengan menggunakan desain cross sectional. Sampel penelitian 39 responden dengan teknik proportionate stratified random sampling. Penelitian ini menggunakan instrumen kuesioner pengetahuan perawatan diri dan lembar observasi terkait tingkat kemandirian perawatan diri. uji korelasi Somers’d digunakan dalam uji ini.
Hasil Penelitian: tingkat pengetahuan perawatan diri paling banyak tingkat pengetahuan sedang, yaitu 16 orang (41%). Tingkat kemandirian perawatan diri paling banyak tingkat kemandirian cukup, yaitu 18 orang (46,2%). Berdasarkan uji statistik somers’d, terdapat hubungan yang signifikan antara tingkat pengetahuan perawatan diri dengan tingkat kemandirian perawatan diri pada pasien halusinasi, dapat dilihat p-value 0,008 < 0,05. Hal ini berarti ha diterima dan ho ditolak berarti ada hubungan antara tingkat pengetahuan perawatan diri dengan tingkat kemandirian perawatan diri. Serta terdapat hubungan antara variabel dengan nilai korelasi 0,372.
Kesimpulan : Ada hubungan antara tingkat pengetahuan perawatan diri dengan tingkat kemandirian perawatan diri RSJD Surakarta.

 

Downloads

Published

2024-01-04

Issue

Section

Articles

Citation Check