Analisis Break Even Point sebagai Dasar dalam Perencanaan Laba (Studi Kasus pada PDAM Kota Surakarta tahun 2021-2022)

Authors

  • Salma Nurul Fadhilah Universitas Sahid Surakarta, Indonesia
  • Anggit Dyah Kusumastuti Universitas Sahid Surakarta, Indonesia

Keywords:

Perencanaan Laba, Keuangan dan Titik Impas

Abstract

Setiap perusahaan memiliki tujuan untuk memperoleh laba maksimum yang kemudian laba tersebut digunakan untuk mengembangkan bisnis perusahaan. Laba merupakan tujuan utama yang ingin dicapai oleh perusahaan, laba sangat penting karena dapat menjamin kelangsungan bisnis dan mendukung pertumbuhan perusahaan. Perencanaan laba menjadi salah satu strategi dasar untuk tetap bertahan dalam persaingan bisnis dengan meningkatkan jumlah penjualan yang selanjutnya akan mempengaruhi pencapaian laba yang maksimal demi kelangsungan bisnis dan mendukung pertumbuhan perusahaan. Dalam menentukan besaran laba, perusahaan perlu mengetahui break even point secara khusus. Artinya, perusahaan memproduksi atau menjual dalam jumlah tertentu sehingga tidak mengalami kerugian atau keuntungan. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menganalisis hasil perhitungan break even point tahun 2021-2022 pada PDAM Kota Surakarta dan menghitung taksiran nilai perencanaan laba tahun 2023 pada PDAM Kota Surakarta. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif kuantitatif. Hasil yang diperoleh dari penelitian ini adalah perhitungan analisis break even point menunjukkan bahwa PDAM Kota Surakarta telah mencapai tingkat break even point (titik impas) dan telah melampaui tingkat penjualan perusahaan. Berdasarkan hasil dari taksiran nilai perencanaan laba pada PDAM Kota Surakarta tahun 2023 untuk kenaikan laba yang direncanakan sebesar 32,4% adalah Rp 124.180.343, sedangkan untuk target laba pada tahun 2023 adalah sebesar Rp 4.147.623.478.

References

Fitriyadi, F., & Ahwan, A. (2023). Implementasi Algoritma One Time Pad Untuk Enkripsi dan Dekripsi pada Peresepan Data Obat di Puskesmas Purwodiningratan Surakarta. Smart Comp: Jurnalnya Orang Pintar Komputer, 12(4), 850-859.

Fitriyadi, F., & Indriyati, I. (2023). THE BEST NURSE RECOMMENDATION SUPPORT SYSTEM AT THE SRI MURTI HUSADA CLINIC IN SURAKARTA WITH THE WEIGHTED PRODUCT METHOD. JIKO (Jurnal Informatika dan Komputer), 6(3), 157-164.

Indriastiningsih, E., & Fitriyadi, F. (2023). WORKSHOP PENULISAN DAN SUBMIT ARTIKEL ILMIAH MELALUI ONLINE JOURNAL SYSTEM (OJS) SEBAGAI UPAYA PENINGKATAN KETRAMPILAN MENULIS DAN PUBLIKASI KARYA ILMIAH.

Indriastiningsih, E., Fitriyadi, F., & Kartinawati, E. (2024). PELATIHAN PEMBUATAN WEBSITE LANDINGPAGE SEBAGAI MEDIA BRANDING KOMPETITIF DESA WISATA GENTAN BULU. PROFICIO, 5(1), 621-627.

Downloads

Published

2024-01-04

Issue

Section

Articles

Citation Check