PERANCANGAN PROMOSI UMKM PAPINE MAS WIRO KECAMATAN BANJARSARI SURAKARTA

Authors

  • Evelyne Henny Lukitasari Universitas Sahid Surakarta, Indonesia
  • Eko Sri Haryanto Insitut Seni Indonesia Surakarta, Indonesia
  • Hesti Heriwati Insitut Seni Indonesia Surakarta, Indonesia
  • Hono Warseno Universitas Sahid Surakarta, Indonesia
  • Merry martini Universitas Sahid Surakarta, Indonesia

Keywords:

Kelurahan, Kadipiro, Medsos, UMKM

Abstract

Implementasi kegiatan Pengabdian kepada Masyarakat Berbasis Masyarakat dalam hal ini UMKM di Kelurahan Kadipiro Kec. Banjarsari, Kota Surakarta bertujuan untuk memperkuat kelompok UMKM PAPINE MAS WIRO yang bergerak di bidang kuliner, serta bidang makanan dan jajanan dalam kelurahanin promosi produknya. Hal ini dikarenakan terjadinya penurunan antusiasme dari para anggota UMKM dan warga sekitar Kelurahan Kadipiro Kec. Banjarsari, Kota Surakarta. Pelaku UMKM PAPINE MAS WIRO memiliki harapan besar dapat kembali berdagang dan memperoleh keuntungan yang sama seperti sebelumnya atau bahkan lebih. Beberapa upaya yang dilakukan untuk mendukung terwujudnya harapan besar dari pelaku UMKM PAPINE MAS WIRO dengan memanfaatkan desain dan media sosial. Desain sebagai iklan, yang diterapkan pada alternatif penjualan online, dengan desain yang lebih menarik untuk menarik pengunjung atau pelanggan agar membeli. Metode yang digunakan adalah metode perancangan visual branding dengan cara melakukan brief dan brainstorming dengan pelaku UMKM PAPINE MAS WIRO, kemudian melakukan creative brief dengan tim berdasarkan hasil brainstorming, kemudian melakukan perwujudan karya dan copywriting. Manfaat yang diharapkan dari mitra adalah peningkatan jumlah media promosi yang dibuat yang pada akhirnya berdampak pada tumbuhnya perekonomian mitra.

Downloads

Published

2024-01-04

Issue

Section

Articles

Citation Check