PELAYANAN KONSULTASI DOKTER SECARA ONLINE MENGGUNAKAN VIDEO CALL WHATSAPP DI KLINIK AMANAH MEDIKA

Authors

  • Ferdiana Rossi Universitas Duta Bangsa, Indonesia
  • Siti Nur Jannah Universitas Duta Bangsa, Indonesia
  • Margaretha Evi Yuliana Universitas Duta Bangsa, Indonesia

Keywords:

Teknologi', Konsultasi, WhatsApp, Kepercayaan, Aksesibilitas

Abstract

Perkembangan teknologi informasi telah mengubah industri kesehatan secara signifikan dalam beberapa tahun terakhir. Salah satu dampak positif yang paling mencolok adalah peningkatan aksesibilitas pelayanan kesehatan melalui teknologi informasi, khususnya melalui aplikasi WhatsApp. Aplikasi ini memungkinkan calon pasien untuk melakukan konsultasi kesehatan secara online melalui video call dengan dokter. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan pendekatan fenomenologi untuk menggali motif penggunaan konsultasi kesehatan online melalui aplikasi WhatsApp dan tingkat kepercayaan pasien terhadap hasil diagnosa. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pasien menggunakan konsultasi online karena kesibukan dan kenyamanan, dan tingkat kepercayaan tergantung pada hasil diagnosa yang diberikan. Kesimpulannya, konsultasi kesehatan online melalui WhatsApp dapat memberikan akses yang lebih mudah dan solusi untuk keluhan kesehatan ringan, namun pasien cenderung ragu jika disarankan untuk pemeriksaan lebih lanjut. Penelitian ini memberikan pemahaman yang mendalam tentang penggunaan teknologi dalam kesehatan dan pengaruhnya terhadap perilaku pasien.

References

Fitriyadi, F., & Ahwan, A. (2023). Implementasi Algoritma One Time Pad Untuk Enkripsi dan Dekripsi pada Peresepan Data Obat di Puskesmas Purwodiningratan Surakarta. Smart Comp: Jurnalnya Orang Pintar Komputer, 12(4), 850-859.

Fitriyadi, F., & Indriyati, I. (2023). THE BEST NURSE RECOMMENDATION SUPPORT SYSTEM AT THE SRI MURTI HUSADA CLINIC IN SURAKARTA WITH THE WEIGHTED PRODUCT METHOD. JIKO (Jurnal Informatika dan Komputer), 6(3), 157-164.

Indriastiningsih, E., & Fitriyadi, F. (2023). WORKSHOP PENULISAN DAN SUBMIT ARTIKEL ILMIAH MELALUI ONLINE JOURNAL SYSTEM (OJS) SEBAGAI UPAYA PENINGKATAN KETRAMPILAN MENULIS DAN PUBLIKASI KARYA ILMIAH.

Indriastiningsih, E., Fitriyadi, F., & Kartinawati, E. (2024). PELATIHAN PEMBUATAN WEBSITE LANDINGPAGE SEBAGAI MEDIA BRANDING KOMPETITIF DESA WISATA GENTAN BULU. PROFICIO, 5(1), 621-627.

Downloads

Published

2024-01-04

Issue

Section

Articles

Citation Check