Pengembangan Media Snakes And Ladders Game Pada Mata Kuliah Bahasa Indonesia Mahasiswa PGSD Universitas Tunas Pembangunan Surakarta
Keywords:
pengembangan media, snake ladder game, Bahasa IndonesiaAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan media permainan ular tangga untuk mengetahui tingkat kemenarikan dan kelayakan penggunaan, serta mengetahui respon peserta didik setelah menggunakan media permainan ular tangga pada pembelajaran Bahasa Indonesia. Metode penelitian mengadaptasi pada model pengembangan yang dikembangkan oleh Borg and Gall. Penelitian menggunakan tujuh langkah sebagai berikut : (1) potensi masalah,(2) pengumpulan data,(3) desain produk,(4) validasi produk,(5) revisi produk,(6) uji coba produk,(7) revisi produk. Alat pengumpulan data yang digunakan berupa : angket ahli materi dan angket ahli media serta angket tanggapan pendidik untuk mengetahui kelayakan produk, angket respon peserta didik digunakan untuk mengetahui kemenarikan produk. Sasaran dari penelitian dan pengembangan adalah peserta didik kelas mata kuliah Bahasa Indonesia PGSD UTP. Hasil penelitian menunjukkan (1) validasi mendapat skor ahli materi medapatkan hasil 3,43 atau Sangat Layak serta hasil uji ahli media medapatkan hasil 3,01 atau sangat layak (2) media pembelajaran menunjukkan perbedaan signifikan pada gain standat pada kelas experiment dan kelas control.