Pengembangan Media Snakes And Ladders Game Pada Mata Kuliah Bahasa Indonesia Mahasiswa PGSD Universitas Tunas Pembangunan Surakarta

Authors

  • Luncana Faridhoh Sasmito Universitas Tunas Pembangunan Surakarta, Indonesia
  • Aan Budi Santosa Universitas Tunas Pembangunan Surakarta, Indonesia
  • Rika Yuni Ambarsari Universitas Tunas Pembangunan Surakarta, Indonesia
  • Ninda Beny Asfurry Universitas Tunas Pembangunan Surakarta, Indonesia
  • Harbono . Universitas Tunas Pembangunan Surakarta, Indonesia
  • Chana Saudatul Zulfa Universitas Tunas Pembangunan Surakarta, Indonesia

Keywords:

pengembangan media, snake ladder game, Bahasa Indonesia

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan media permainan ular tangga untuk mengetahui tingkat kemenarikan dan kelayakan penggunaan, serta mengetahui respon peserta didik setelah menggunakan media permainan ular tangga pada pembelajaran Bahasa Indonesia. Metode penelitian mengadaptasi pada model pengembangan yang dikembangkan oleh Borg and Gall. Penelitian menggunakan tujuh langkah sebagai berikut : (1) potensi masalah,(2) pengumpulan data,(3) desain produk,(4) validasi produk,(5) revisi produk,(6) uji coba produk,(7) revisi produk. Alat pengumpulan data yang digunakan berupa : angket ahli materi dan angket ahli media serta angket tanggapan pendidik untuk mengetahui kelayakan produk, angket respon peserta didik digunakan untuk mengetahui kemenarikan produk. Sasaran dari penelitian dan pengembangan adalah peserta didik kelas mata kuliah Bahasa Indonesia PGSD UTP. Hasil penelitian menunjukkan (1) validasi mendapat skor ahli materi medapatkan hasil 3,43 atau Sangat Layak serta hasil uji ahli media medapatkan hasil 3,01 atau sangat layak (2) media pembelajaran menunjukkan perbedaan signifikan pada gain standat pada kelas experiment dan kelas control.

 

Downloads

Published

2024-01-04

Issue

Section

Articles

Citation Check