Hubungan Response Time Dengan Kepuasan Keluarga Pasien di IGD Rumah Sakit Jiwa Daerah Surakarta

Authors

  • Suryani . Universitas Sahid Surakarta, Indonesia
  • Fajar Alam Putra Universitas Sahid Surakarta, Indonesia
  • Sutrisno . Universitas Sahid Surakarta, Indonesia

Keywords:

Response time, Kepuasan, IGD

Abstract

Latar belakang : Instalasi Gawat Darurat (IGD) merupakan salah satu unit terdepan dari bagian pelayanan rumah sakit sehingga kepuasan pasien atau keluarga menjadi hal terpenting untuk rumah sakit. Petugas IGD dalam memberikan pelayanan berorientasi kepada response time sesuai standar ≤ 5 menit
Tujuan : Untuk mengetahui hubungan antara response time dengan kepuasan keluarga pasien di IGD RS Jiwa Daerah Surakarta
Metode : Jenis penelitian menggunakan metode obsevasional analitik dengan pendekatan kuantitatif, dengan desain penelitian cross sectional yang menghubungkan dua variabel yaitu variabel independen yaitu Response time dan variabel Dependen yaitu Kepuasan Keluarga Pasien. Alat ukur yang digunakan adalah lembar observasi response time dan kuesioner kepuasan keluarga. Teknik pengambilan sampel dengan cara purposive sampling, dengan jumlah sampel sebanyak 76 responden
Hasil : Berdasarkan hasil uji penelitian dengan Kendal Tau didapatkan p value 0,032(<0.05) dan koefisiensi korelasi 0,358. Mayoritas pelayanan di IGD dengan response time yang baik dan kepuasan keluarga pasien tinggi sebanyak 53 responden (69.7%).
Kesimpulan : Terdapat hubungan antara response time dengan kepuasan keluarga pasien di IGD RS Jiwa Daerah Surakarta

References

Fitriyadi, F., & Ahwan, A. (2023). Implementasi Algoritma One Time Pad Untuk Enkripsi dan Dekripsi pada Peresepan Data Obat di Puskesmas Purwodiningratan Surakarta. Smart Comp: Jurnalnya Orang Pintar Komputer, 12(4), 850-859.

Fitriyadi, F., & Indriyati, I. (2023). THE BEST NURSE RECOMMENDATION SUPPORT SYSTEM AT THE SRI MURTI HUSADA CLINIC IN SURAKARTA WITH THE WEIGHTED PRODUCT METHOD. JIKO (Jurnal Informatika dan Komputer), 6(3), 157-164.

Indriastiningsih, E., & Fitriyadi, F. (2023). WORKSHOP PENULISAN DAN SUBMIT ARTIKEL ILMIAH MELALUI ONLINE JOURNAL SYSTEM (OJS) SEBAGAI UPAYA PENINGKATAN KETRAMPILAN MENULIS DAN PUBLIKASI KARYA ILMIAH.

Indriastiningsih, E., Fitriyadi, F., & Kartinawati, E. (2024). PELATIHAN PEMBUATAN WEBSITE LANDINGPAGE SEBAGAI MEDIA BRANDING KOMPETITIF DESA WISATA GENTAN BULU. PROFICIO, 5(1), 621-627.

Downloads

Published

2024-01-04

Issue

Section

Articles

Citation Check