Model Komunikasi persuasif Universitas : Studi kasus unggahan company profile pada Youtube

Authors

  • Rahmat Wisudawanto Universitas Sahid Surakarta, Indonesia
  • Sofia Ningsih Rahayu Putri Universitas Sahid Surakarta, Indonesia

Keywords:

Model, Komunikasi, Media Sosial, Teknik Persuasif

Abstract

Komunikasi persuasif merupakan proses komunikasi yang menjadi bagian dari keseharian seorang. Penggunaan komunikasi persuasif salah satunya adalah video company profile. Company profile yang baik berdampak pada citra positif institusi di masyarakat. Penelitian ini bertujuan untuk menjelaskan model komunikasi persuasif dengan mendeskripsikan gambaran pemanfaatan teknik persuasif dalam company profile universitas. Penelitian ini termasuk dalam penelitian kualitatif dengan studi kasus pada model komunikasi persuasif perguruan tinggi di Surakarta. Sumber data penelitian ini adalah kanal YouTube resmi dari Universitas di Surakarta. Adapun data dalam penelitian berupa unggahan video company profile pada kanal tersebut. Terdapat lima teknik persuasif dalam unggahan video company profile pada perguruan tinggi, yaitu teknik asosiasi, integrasi, ganjaran, taatan, dan red herring sedangkan model komunikasi persuasif melibatkan komunikator, pesan dan penggunaan teknik persuasif. Penerapan model komunikasi persuasif pada company profile ditentukan oleh cara komunikator menyampaikan pesan. Pesan yang dibangun oleh komunikator harus didukung dengan penerapan teknik komunikasi yang tepat agar pesan tersebut dapat meyakinkan dan mempengaruhi pemirsanya.

 

Downloads

Published

2024-01-04

Issue

Section

Articles

Citation Check