PENGARUH RASIO LIKUIDITAS, PROFITABILITAS, DAN PERTUMBUHAN PENJUALAN TERHADAP NILAI PERUSAHAAN (Studi pada Perusahaan Manufaktur Sub Sektor Makanan Dan Minuman Yang Terdaftar Di Bursa Efek Indonesia Periode Tahun 2017-2021)

Authors

  • Sri Hartini Universitas Sahid Surakarta, Indonesia
  • Anggit Dyah Kusumastuti Universitas Sahid Surakarta, Indonesia
  • Annisa Indah Mutiasari Universitas Sahid Surakarta, Indonesia

Keywords:

Nilai Perusahaan, Likuiditas, Profitabilitas, Pertumbuhan Penjualan

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh antara likuiditas, profitabilitas, dan pertumbuhan penjualan terhadap nilai perusahaan pada perusahaan manufaktur sub sektor makanan dan minuman yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia periode tahun 2017-2021. Populasi pada penelitian ini adalah perusahaan manufaktur sub sektor makanan dan minuman yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia periode tahun 2017-2021. Sedangkan sampel pada penelitian ini 12 perusahaan pada sektor makanan dan minuman yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia yang dipilih menggunakan metode purposive sampling. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa likuiditas, profitabilitas, dan pertumbuhan penjualan secara simultan berpengaruh terhadap nilai perusahaan dengan signifikasi 0,007<0,05. Secara parsial likuiditas tidak berpengaruh dan tidak signifikan terhadap nilai perusahaan dengan nilai signifikasi 0,410>0,05, profitabilitas berpengaruh positif dan signifikan terhadap nilai perusahaan dengan nilai signifikasi 0,001<0,05, pertumbuhan penjualan tidak berpengaruh dan tidak signifikan terhadap nilai perusahaan dengan nilai signifikasi 0,144>0,05.

 

Downloads

Published

2023-12-27

Issue

Section

Articles

Citation Check