PENGARUH TERAPI MUSIK LANGGAM JAWA TERHADAP TINGKAT PERILAKU KEKERASAN PADA PASIEN SKIZOFRENIA DI RSJD SURAKARTA

Authors

  • Iip Seto Utarko Universitas Sahid Surakarta, Indonesia
  • Atik Aryani Universitas Sahid Surakarta, Indonesia
  • Vitri Dyah Herawati Universitas Sahid Surakarta, Indonesia

Keywords:

Terapi musik langgam jawa, perilaku kekerasan, skizofrenia

Abstract

Latar belakang : Skizofrenia adalah salah satu bentuk gangguan jiwa kronik yang menyebabkan penyakit otak persisten serius yang mengakibatkan perilaku psikotik. Tanda dan gejala yang timbul akibat skizofrenia dapat berupa gejala positif dan negatif seperti perilaku kekerasan. Penatalaksanaan non farmakologi yang dapat digunakan untuk mengatasi periaku kekerasan adalah Terapi Musik Langgam Jawa. Tujuan : Mengetahui pengaruh terapi musik langgam jawa terhadap tingkat perilaku kekerasan pada pasien skizofrenia di RSJD Surakarta

Metode : Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif. Jenis penelitian yang digunakan adalah semu quasi experiment. Desain penelitian yang digunakan yaitu pre and post test without control. Populasi dalam penelitian ini adalah responden dengan perilaku kekerasan Sampel peneltian sebanyak 38 responden. Teknik pengambilan sampel menggunakan teknik non probability sampling dengan cara pengambilan sampel yaitu purposive sampling. Penelitian ini menggunakan instrumen skala pengukuran perilaku kekerasan dari untuk mengukur tingkat perilaku kekerasan. Uji yang digunakan yaitu Paired Sample T-Test untuk melihat apakah ada pengaruh terapi musik langgam jawa terhadap tingkat perilaku kekerasan.

Hasil : Hasil Pre Test dari 38 responden dengan RPK, distribusi tertinggi yaitu responden dengan gejala berat sebanyak 21 responden (55,3%) dengan nilai rata- rata 53,11. Sedangkan hasil Post Test setelah dilakukan intervensi terapi musik langgam jawa distribusi tertinggi yaitu responden dengan gejala ringan sebanyak 16 responden (42,1%), dengan nilai rata-rata 40,24 yang artinya terjadi penurunan nilai rata rata dengan selisih nilai 12,868. Terdapat pengaruh terapi musik langgam jawa terhadap tingkat perilaku kekerasan dengan p value = 0,001.

Kesimpulan : Ada pengaruh terapi musik langgam jawa terhadap tingkat perilaku kekerasan pada pasien skizofrenia di RSJD Surakarta.

 

Kata Kunci: , ,

Downloads

Published

2023-12-27

Issue

Section

Articles

Citation Check