ANALISIS FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI LOYALITAS KONSUMEN (STUDI PADA KONSUMEN KOSMETIK EMINA DI KOTA BOYOLALI)

Authors

  • Selviyana Dwi Puspita Universitas Sahid Surakarta, Indonesia
  • Annisa Indah Mutiasari Universitas Sahid Surakarta, Indonesia
  • Anggit Dyah Kusumastuti Universitas Sahid Surakarta, Indonesia

Keywords:

kualitas produk, citra merek, harga, loyalitas konsumen

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui analisis faktor-faktor yang mempengaruhi loyalitas konsumen (studi pada konsumen kosmetik Emina di kota Boyolali). Metode penelitian yang digunakan adalah deskriptif kuantitatif. Populasi dalam penelitian ini merupakan seluruh responden kosmetik Emina yang berada di kota Boyolali. Teknik pengambilan sampel dalam penelitian ini menggunakan rumus slovin, sehingga diperoleh jumlah sampel sebanyak 116 responden. Hasil penelitian menunjukkan bahwa variabel kualitas produk berpengaruh terhadap loyalitas konsumen. Sedangkan variabel citra merek dan harga tidak berpengaruh terhadap loyalitas konsumen. Variabel yang paling dominan dalam penelitian ini adalah kualitas produk. Serta nilai koefisien determinasi terdapat pada nilai R Square sebesar 28,9% yang artinya bahwa kualitas produk, citra merk, harga berpengaruh terhadap loyalitas konsumen, sedangkan sisanya 71,1% dijelaskan oleh variabel lain yang tidak dibahas dalam penelitian ini.

 

Downloads

Published

2023-12-27

Issue

Section

Articles

Citation Check