Penentuan Prioritas Strategi Bersaing di UD XYZ dengan Metode SWOT dan AHP

Authors

  • Mundhi Lestari Program Studi Teknik Industri, Universitas Veteran Bangun Nusantara, Indonesia
  • Budi Wibowo Program Studi Teknik Industri, Universitas Veteran Bangun Nusantara, Indonesia
  • Ainur Komariah Program Studi Teknik Industri, Universitas Veteran Bangun Nusantara, Indonesia

Keywords:

AHP, Strategi bersaing, SWOT

Abstract

UD XYZ merupakan took bahan bangunan yang berlokasi di Kabupaten Wonogiri, Provinsi Jawa Tengah. UD XYZ menyediakan berbagai jenis material bangunan, alat listrik, dan alat rumah tangga. Namun persaingan bisnis cukup kompetitif pada bidang usaha ini. Pemilihan strategi bersaing memerlukan banyak pertimbangan. Perlu pengambilan keputusan yang tepat untuk menentukan strategi apa yang paling diutamakan di antara banyak strategi yang direncanakan. Hal tersebut berkaitan terhadap tingkat keefektifan dan efisiensi demi pengembangan usaha. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menentukan strategi bersaing serta prioritas masing-masing strategi untuk dijalankan. Metode yang digunakan adalah metode SWOT dan AHP (Analytical Hierarchy Process). Berdasarkan hasil penelitian dengan analisis SWOT diperoleh beberapa alternatif strategi yang sesuai, di antaranya, strategi S-O yaitu menyediakan produk sesuai trend, terlengkap, dan termurah, strategi S-T yaitu menjaga hubungan baik dengan pelanggan (Customer Relationship), strategi W-O yaitu menambah Sumber Daya Manusia, strategi W-T yaitu melakukan pemasaran online dan menurunkan biaya operasional. Dari perhitungan bobot tiap-tiap strategi, diketahui bahwa nilai bobot yang tertinggi adalah sebesar 0,4107 pada strategi menyediakan produk trend, terlengkap dan termurah; nilai bobot tertinggi yang kedua adalah sebesar 0,3109 pada strategi menurunkan biaya operasional; nilai bobot tertinggi yang ketiga adalah sebesar 0,1500 pada strategi melakukan pemasaran online; nilai bobot tertinggi yang keempat adalah sebesar 0,0731 pada strategi menambah Sumber Daya Manusia; kemudian yang kelima sebesar 0,0553 yaitu customer relationship atau menjaga hubungan dengan pembeli.

References

[1] Fahrozi, W. (2016) ‘Penerapan Metode Analytical Hierarchy Process ( AHP ) dalam Menentukan Ras Ayam Serama Application of Analytical Hierarchy
Process ( AHP )’, citec journal, 3, pp. 214–227. Available at: https://docplayer.info/36129204-Penerapan-metode-analytical-hierarchyprocess-ahp-dalam-menentukan-ras-ayam-serama.html.
[2] Munthafa, A. E. et al. (2017) ‘PENERAPAN METODE ANALYTICAL HIERARCHY PROCESS DALAM SISTEM Kata Kunci : Analytical Hierarchy Process , Consistency Index , Mahasiswa Berprestasi . Keywords : Analytical Hierarchy Process , Consistency Index , Achievement Student b . Kelebihan dan Kelemaha’, Jurnal Siliwangi, 3(2), pp. 192–201. Available at: http://jurnal.unsil.ac.id/index.php/jssaintek/article/view/355/264.
[3] Sari, L. P. (2018) ‘Apa yang dimasud dengan Strategi Biaya Rendah atau Low Cost ?’, Dictio Community. Available at: https://www.dictio.id/t/apa-yangdimasud-dengan-strategi-biaya-rendah-atau-low-cost/116006.
[4] Yolanda, G. (2019) ‘Analisis strategi bersaing ud. duta keramik di jember’, 7(1).Available at: https://www.neliti.com/publications/287104/analisis trategibersaing-ud-duta-keramik-di-jember.
[5] Lestari, M. (2021) Laporan Kerja Praktek Program Studi Teknik Industri Universitas Veteran Bangun Nusantara Sukoharjo.

Downloads

Published

2021-11-26

Issue

Section

Articles

Citation Check