Pengaruh ROA, ROE, ROI, EPS Dan PER Terhadap Harga Saham (Studi Empiris Pada Perusahaan Makanan dan Minuman yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia (BEI) Periode 2017-2021)

Harga Saham

Authors

  • Riski Julaika Politeknik Negeri Bengkalis, Indonesia
  • Husni Mubarak Politeknik Negeri Bengkalis, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.47942/iab.v12i2.1455

Keywords:

Kata Kunci : ROA, ROE, ROI, EPS, dan PER

Abstract

Penelitian ini dilakukan  untuk menguji secara empiris tentang pengaruh Return On Asset (ROA), Return On Equity (ROE), Return On Investment (ROI), Earning Per Share (EPS), dan Price Earning Ratio (PER) terhadap harga saham. Penelitian dilakukan pada perusahaan makanan dan minuman yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia (BEI) secara berturut-turut untuk periode 2017-2021. Teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah purposive sampling  sehingga diperoleh sebanyak 23 sampel perusahaan. Metode pengujian data menggunakan analisis regresi linier berganda. Berdasarkan hasil pengujian data, diperoleh bahwa secara parsial variabel ROA berpengaruh negatif dan signifikan terhadap harga saham, variabel ROE, dan variabel ROI berpengaruh positif dan tidak signifikan terhadap harga saham, variabel EPS berpengaruh positif dan signifikan terhadap harga saham, dan variabel PER berpengaruh negatif dan tidak signifikan terhadap harga saham. Secara simultan seluruh variabel independen secara bersama-sama berpengaruh positif dan signifikan terhadap harga saham.

 

Downloads

Published

2023-07-28

How to Cite

Riski Julaika, & Mubarak, H. (2023). Pengaruh ROA, ROE, ROI, EPS Dan PER Terhadap Harga Saham (Studi Empiris Pada Perusahaan Makanan dan Minuman yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia (BEI) Periode 2017-2021): Harga Saham. JURNAL EKONOMI BISNIS DAN KEWIRAUSAHAAN, 12(2), 1–7. https://doi.org/10.47942/iab.v12i2.1455

Citation Check