Analisis STP (Segmenting, Targeting, dan Positioning) pada Burgerax Tegal

Authors

  • Saefuddin Robbani Universitas Sahid Surakarta, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.47942/jebiskwu.v13i1.1731

Abstract

Marketing adalah sebuah proses untuk menciptakan nilai di mata konsumen sehingga diharapkan konsumen akan tertarik dan membeli produk yang dipasarkan. STP (segmenting, targeting, positioning) adalah inti dari strategi marketing yang akan membimbing perusahaan dalam memasarkan produknya. Penelitian ini melakukan Analisa STP kepada Burgerax Tegal yang dilakukan dengan cara wawancara kepada pemilik dari Burgerax Tegal. Burgerax Tegal membagi konsumennya menjadi 3 kelompok utama dimana ketiga kelompok mempunyai perbeda pada karakteristik demografi mereka. Burgerax Tegal kemudian memilih kelompok 2 sebagai target pasar utama mereka karena berasumsi bahwa kelompok 2 akan lebih mudah membelanjakan uangnya kepada Burgerax Tegal dan juga merekomendasikan Burgerax Tegal kepada kenalannya. Burgerax Tegal berusaha menanamkan bahwa mereka menggunakan patty yang 100% terdiri dari daging tanpa campuran tepung ke benak konsumen mereka.

References

Agustim, W. (2015). Segmentation, Targeting and Positioning Analysis by Broadcasting Program Radio Mitra 97, 0 FM Batu City. Unitri, 3(1), 27-36.

Amira, H., & Fitriasari, N. (2021). Are Segmenting, Targeting, and Positioning Necessary for Strategic Marketing?. Jurnal Kedokteran Brawijaya.

Andaleeb, S. S. (2016). Marke t segmentation, targeting, and positioning. In Strategic marketing management in Asia: case studies and lessons across industries (pp. 179-207). Emerald Group Publishing Limited.

Berlian, M. (2022). Analysis Of Segmenting, Targeting And Positioning Strategies On Consumer Purchase Decisions In The Digital Era. International Journal of Economics, Business and Accounting Research (IJEBAR), 6(4).

Dibb, S., & Simkin, L. (1991). Targeting, segments and positioning. International Journal of Retail & Distribution Management, 19(3).

George, R. (2021). Market Segmentation, Targeting, and Positioning. In Marketing Tourism and Hospitality: Concepts and Cases (pp. 221-246). Cham: Springer International Publishing.

Islam, M. M. (2021). Segmenting, targeting and positioning in Islamic marketing. Journal of Islamic Marketing, 12(7), 1385-1404.

Kalam, K. K., & Kalam, K. K. (2020). Market segmentation, targeting and positioning strategy adaptation for the global business of Vodafone Telecommunication Company. International Journal of Research and Innovation in Social Science, 4(6), 427-430.

Khandelwal, K., Jakhar, T., & Khandelwal, T. (2020). Segmentation, Targeting and Positioning. International Research Journal of Engineering and Technology (IRJET) e-ISSN, 2395-0056.

Manshur, U., Baharun, H., Dakir, D., & Mahasini, Z. B. (2023). Segmenting, Targeting, and Positioning Strategies in Attracting the Interest of Students in Learning Nahwu. Al-Ta'rib: Jurnal Ilmiah Program Studi Pendidikan Bahasa Arab IAIN Palangka Raya, 11(2), 247-261.

Moutinho, L. (2000). Segmentation, targeting, positioning and strategic marketing. Strategic management in tourism, 121-166.

Rudiana, D., & Komarlina, D. H. L. (2018). Market segmentation, targeting strategy and positioning strategy performance effects to the tourists satisfaction (research In Pangandaran Beach Pangandaran District). International Journal of Scientific and Technology Research, 7(9), 67-76.

Yusuf, M., Yanuarrahmat Shah, T., Pusaka, S., & Sunaryanto, K. (2022). Analysis of Segmenting, Targeting, Positioning and Marketing Mix Strategies on the Yonly Glass Processor and Application GlassBusiness Plan. American International Journal of Business Management (AIJBM), 5(01), 77-83.

Downloads

Published

2024-01-28

How to Cite

Robbani, S. (2024). Analisis STP (Segmenting, Targeting, dan Positioning) pada Burgerax Tegal. JURNAL EKONOMI BISNIS DAN KEWIRAUSAHAAN, 13(1), 26–32. https://doi.org/10.47942/jebiskwu.v13i1.1731

Citation Check