Penerapan Strategi Digital Marketing Pada Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) Ngaboci
DOI:
https://doi.org/10.47942/iab.v13i2.1808Keywords:
UMKM, Pemasaran Digital, Strategi, Media SosialAbstract
Sebagai salah satu sektor ekonomi terbesar di Indonesia, Usaha mikro, kecil, dan menengah (UMKM) bertanggung jawab atas signifikan dan, signifikan dalam perekonomian internasional. Pemasaran yang menggunakan teknik digital marketing adalah salah satu pendekatan yang mungkin digunakan untuk mengembangkan dan memajukan UMKM. Penelitian ini bertujuan untuk menemukan dan menganalisis strategi pemasaran digital digunakan oleh perusahaan mikro, kecil, dan menengah (UMKM) Ngaboci untuk penjualan. Dengan berkembangnya teknologi digital, perubahan cara berbisnis dan UMKM perlu menerapkan strategi pemasaran sesuai agar menetap kompetitif. Pengumpulan data dilakukan dengan metode kualitatif dan dengan melakukan interview ekstensif dengan pemilik usaha kecil dan menengah (UMKM) yang telah menerapkan strategi pemasaran digital. Dan penelitian menunjukkan bahwa UMKM di Ngaboci memanfaatkan saluran pemasaran digital seperti media sosial dan aplikasi online untuk mempromosikan dan menjual produknya.
Downloads
References
Arif Pratama Marpaung, Muhammad Shareza Hafiz, Murviana Koto, & Wulan Dari. (2021). Strategi Peningkatan Kapasitas Usaha Pada Umkm Melalui Digital Marketing. Prosiding Seminar Kewirausahaan, 2(1), 294–300.
Bambang, S., & Abdur, R. (2019). Implementasi Pemasaran Digital Dalam Meningkatkan Pendapatan Pelaku Umkm Pamokolan Ciamis. Jurnal PRODUKTIF, 3(2), 254–261.
Cahyani, R. R. (2020). Apa Perkembangan Terbaru Sejarah Kewirausahaan Di Era Industri 4.0?. Jurnal Ekonomi Bisnis Dan Kewirausahaan, Vol.9(2). https://doi.org/10.47942/iab.v9i2.564
El Ghifari, L. F., & Moh. Supendi. (2024). Penerapan Strategi Digital Marketing Pada Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) Waken Cafe. Jurnal Niara, 16(3), 504–512. https://doi.org/10.31849/niara.v16i3.15295
Erlina F. Santika. (2024). ECDB: Proyeksi Pertumbuhan e-Commerce Indonesia Tertinggi Sedunia pada 2024. Databoks, 2024, 3–4.
Fadilah, A., Syahidah, A. nur’azmi, Risqiana, A., Nurmaulida, A. sofa, Masfupah, D. D., & Arumsari, C. (2021). Pengembangan Usaha Mikro, Kecil, Dan Menengah Melalui Fasilitasi Pihak Eksternal Dan Potensi Internal. BERNAS: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 2(4), 892–896. https://doi.org/10.31949/jb.v2i4.1525
Fawzi Marissa, et all. (2022). Strategi Pemasaran Konsep, Teori dan Implementasi. In Pascal Books.
Muhamad Ramadhan, D., & Permana Yusuf, B. (2022). Peran digital marketing pada UMKM di Kedai Kopi 272. Jurnal Paradigma Ekonomika, 17(2), 393–402. https://doi.org/10.22437/jpe.v17i2.18965
Murnawan, -, Lestari, S., Samihardjo, R., & Sapanji, R. A. . V. T. (2023). Pelatihan Brand Identity Untuk UMKM: Meningkatkan Kesadaran Merek dan Daya Saing di Era Digital. Abdimasku : Jurnal Pengabdian Masyarakat, 6(2), 490. https://doi.org/10.33633/ja.v6i2.1247
Putri, C. A. P., Nugraha, A. K. N. A., & Purwati, Y. (2024). Pengaruh konten buzzer terhadap keputusan pembelian melalui keterlibatan konsumen. Jurnal Riset Ekonomi dan Bisnis, 17(1), 67. https://doi.org/10.26623/jreb.v17i1.8885
Ramadhan, T. S., Wahyuningtiyas, N., Arsyianto, M. T., Ekonomi, F., & Islam, U. (2024). Raising the Potential of MSMEs : Digital Marketing Strategy for Marketing Success. 11, 1263–1273.
Rauf, A., Manullang, S. O., Ardiansyah, T. E., Diba, F., Akbar, I., Awaluddin, R., … Yahawi, S. H. (2021). Digital Marketing : Konsep dan Strategi. In Insania.
Saputri, S. A., Berliana, I., Berliana, I., & Nasrida, M. F. (2023). Peran Marketplace Dalam Meningkatkan Daya Saing Umkm Di Indonesia. KNOWLEDGE: Jurnal Inovasi Hasil Penelitian dan Pengembangan, 3(1), 69–75. https://doi.org/10.51878/knowledge.v3i1.2199
Siska Meilya P.M, Silviana, Fiqia, & Umar Burhan. (2023). Penerapan Strategi Digital Marketing Pada Umkm Makanan Dan Minuman Khas Gresik. Seminar Nasional Pariwisata dan Kewirausahaan (SNPK), 2, 485–497. https://doi.org/10.36441/snpk.vol2.2023.156
Suhandi, A. (2023). Strategi Fundraising Dan Program Pemberdayaan Masyarakat Untuk Meningkatkan Ekonomi Mustahik Pada Lembaga Filantropi Baznas Kabupaten Kuningan. AB-JOIEC: Al-Bahjah Journal of Islamic Economics, 1(1), 44–55. https://doi.org/10.61553/abjoiec.v1i1.22
Wijoyo, T. A., & Prasetyo, D. M. (2024). Produk Dan Bauran Pemasaran Amarta Lounge Di. 7(2), 298–308.