ANALISIS PENGARUH KUALITAS PELAYANAN TERHADAP TINGKAT KEPUASAN NASABAH LEMBAGA KEUANGAN BMT INSAN KAMIL SOLO
Keywords:
Dimensi Kualitas Pelayanan dan Kepuasan NasabahAbstract
Penelitian ini bertujuan: 1) Untuk mengetahui dan mengukur pengaruh pengaruh bukti fisik, keandalan, daya tanggap, jaminan, dan empati secara parsial terhadap kepuasan nasabah lembaga keuangan BMT Insan Kamil Solo.2) Untuk mengetahui dan mengukur pengaruh pengaruh bukti fisik, keandalan, daya tanggap, jaminan dan empati secara simultan terhadap kepuasan nasabah lembaga keuangan BMT Insan Kamil Solo. Data yang diperlukan dalam penelitian ini adalah data primer yang berupa penilaian responden tentang penilaian dimensi kualitas pelay-anan dan kepuasan nasabah. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah: uji asumsi klasik, uji regresi linier berganda, uji t, uji F dan koefisien determinasi. Hasil analisa data dalam penelitian ini dapat disimpulkan bahwa : 1) Terdapat pengaruh bukti fisik, kendala, daya tanggap, jaminan, danempati secara parsial terhadap kepuasan nasabah lembaga keungan BMT Insan Kamil, 2) Ter-dapat pengaruh bukti fisik, keandalan, daya tanggap, jaminan dan empati secara simultan terhadap kepuasan nasabah lembaga keungan Insan Kamil Solo. Dilihat dari besarnya koefisien determinasi(adjusted R square) yang memiliki nilai positif sebesar 0,851, menunjukkan bahwa kepuasan konsumen nasabah lembaga keuan-gan BMT Insan Kamil Solo dijelaskan oleh variabel bukti fisik/ tangibles, keanda-lan/ reliability, daya tanggap/ responsiveness, jaminan/ assurance, dan empati/ em-phaty sebesar 85,1 % dan sisanya sebesar 14,9 % menggambarkan adanya variasi bebas lain yang tidak diamati dalam penelitian ini