PENGARUH METODE REWARD DAN PUNISHMENT TERHADAP PERILAKU BULLYING SISWA SEKOLAH DASAR DI KECAMATAN LAWEYAN SURAKARTA
Keywords:
Reward, Punishment, Perilaku bullyingAbstract
Tujuan pendidikan telah dirumuskan dengan sangat baik, tetapi hal itu tidak otomatis tidak terjadi permasalahan didunia pendidikan. Fenomena kekerasan disekolah yang dilakukan oleh teman sebaya di Indonesia semakin banyak bermun-culan. Kekerasan- kekerasan yang dilakukan siswa tersebut yang berlangsung se-cara sistematis disebut dengan istilah Bullying. Metode yang strategis dan penting bagi perkembangan psikologia anak, salah satunya dengan menggunakan reward (penghargaan) dan punishment (hukuman). Perilaku menyimpang yang terjadi pada anak baik dikelas maupun lingkungan sekolah adalah sebuah persoalan yang harus ditangani secara bijak oleh pendidik (guru) atau BK. Penanganan dengan meng-gunakan fisik akan lebih berdampak negatif bagi perkembangan psikologis mereka. Penelitian ini bertujuan (1) untuk mengetahui adanya pengaruh metode reward dan punishment terhadap perilaku bullying siswa SD di Surakarta. (2) untuk mengetahui metode reward dan punishment yang diterapkan pada siswa SD. (3) mengetahui bentuk perilaku bullying pada siswa SD. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif, dengan menyebarkan angket yang mengungkap metode reward dan punishment pada perilaku bullying 100 siswa SD 01 laweyan Surakarta. Data yang terkumpul akan dianalisis dengan menggunakan regresi ganda dengan ban-tuan program SPSS.