SISTEM PENGENDALIAN INTERNAL PENGAJUAN KREDIT NASABAH DI KOPERASI ABC SRAGEN

Authors

  • Intan Novita Kurnia Sari
  • Kun Ismawati

Keywords:

Sistem Pengendalian Internal, Stop or Go Sampling, COSO

Abstract

Penelitian ini bertujuan mengetahui bagaimana sistem pengendalian internal pada pengajuan kredit yang diterapkan oleh Koperasi ABC Sragen berdasarkan elemen sistem pengendalian internal menurut COSO; dan untuk mengetahui bagaimana pengendalian internal pada dokumen kredit yang diterapkan oleh Koperasi ABC.
Metode penelitiannya adalah metode studi kasus. Data diperoleh melalui wawancara dan dokumentasi. Penelitian dilakukan selama Januari hingga Desember 2017.Teknik analisis data menggunakan teori pengendalian internal oleh COSO (2011). Peneliti juga menggunakan Stop-or-Go Sampling untuk menguji efektivitas sistem pengendalian internal dokumen yang diterapkan oleh Koperasi ABC.

Hasil analisis data adalah: (1) sistem pengendalian internal pada pengajuan kredit yang diterapkan oleh Koperasi ABC kurang memenuhi pengendalian internal menurut COSO dengan alasan; masih terdapat 4 aktivitas yang merupakan komponen sistem pengendalian internal yang belum diimplementasikan; (2) sistem pengendalian internal yang diterapkan di Koperasi ABC telah efektif dan tidak ditemukan masalah dalam dokumen atau sampel pengujian, dan AUPL = DUPL sebesar 5%.

Downloads

Published

2018-09-08

How to Cite

Sari, I. N. K., & Ismawati, K. (2018). SISTEM PENGENDALIAN INTERNAL PENGAJUAN KREDIT NASABAH DI KOPERASI ABC SRAGEN. JURNAL EKONOMI BISNIS DAN KEWIRAUSAHAAN, 7(2). Retrieved from https://jurnal.usahidsolo.ac.id/index.php/IAB/article/view/287

Citation Check