DAYA SAING PROGRAM STUDI
Keywords:
daya saing, strategi, Program StudiAbstract
Tujuan penelitian adalah: 1). Menganalisis kondisi eksternal dan kondisi internal Akparta Surakarta; 2). Menganalisis faktor-faktor eksternal yang mendorong Akparta Surakarta melakukan pengembangan program studi; 3). Menganalisis faktor-faktor internal yang mendorong Akparta Surakarta melakukan pengembangan program studi; 4). Merumuskan proses pengembangan program studi baru yang dilaksanakan Akparta Surakarta sebagai strategi bersaing. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif deskriptif, yang memberikan uraian daya saing yang harus dimiliki oleh program studi pada perguruan tinggi. Data yang digunakan dalam penelitian ini adalah data primer
dan sekunder. Metode pengumpulan data meliputi studi pustaka, interview, observasi, dan Forum Group Discussion.
Hasil penelitian ini sebagai berikut: 1). Kondisi lingkungan Akparta Surakarta diwarnai dengan ancaman persaingan antar industri, namun sekaligus terdapat peluang adanya permintaan tenaga kerja yang tinggi di bidang bisnis hotel dan pariwisata; 2). Faktor Permintaan Tenaga Kerja di bidang pariwisata dan bisnis hotel adalah faktor eksternal paling berpengaruh. Strategi yang dipilih oleh Akparta Surakarta adalah Pengembangan Produk (Product Development). Akparta Surakarta paling cocok menggunakan strategi Hold and Maintain; 3). Kegiatan Belajar Mengajar menjadi faktor internal yang paling berpengaruh dan merupakan kelemahan Akparta Surakarta; 4). Proses pengembangan program studi sebagai strategi bersaing berupa: pemunculan ide, penyaringan ide, pengembangan dan pengujian konsep, pengembangan strategi pemasaran, analisis bisnis, dan pengembangan produk baru.