Tingkat Keamanan dan Kemudahan Transaksi pada Toko Offline Terhadap Keputusan Pembelian Action Figure Original

Authors

  • Mahatmana Krisna Herduna Putra Fakultas Sosial, Humaniora dan Seni, Universitas Sahid Surakarta
  • Destina Paningrum Fakultas Sosial, Humaniora dan Seni, Universitas Sahid Surakarta
  • Rusnandari Retno Cahyani Fakultas Sosial, Humaniora dan Seni, Universitas Sahid Surakarta

Keywords:

Security Level, Ease Level, Purchase Decision, Offline Store, Original Action Figure

Abstract

Security and ease of transactions is one of the factors that play a role in influencing purchasing decisions. The development of an increasingly modern eraencourages the creation of a new transaction system that can be used easily, but with a level of security that is not fully guaranteed.
The method used in this research is descriptive quantitative by collecting data using a digital questionnaire, namely Google Form, to collectors of Original Action Figures in the Residency of Surakarta. The variables used in this study are the level of security (X1) and the level of convenience (X2) as independent variables and purchasing decisions (Y) as the dependent variable. The results of this study prove that the level of security and ease of transactions at offline stores partially and simultaneously influences purchasing decisions.

References

Andriyani, Dewi. 2014. Pengaruh Faktor Keamanan, Pengetahuan Teknologi Internet, Kualitas Layanan dan Persepsi Resiko Terhadap KeputusanPembelian Melalui Situs Jejaring Sosial. Skripsi. Jurusan Manajemen.Fakultas Ekonomi dan Bisnis. Universitas Bengkulu. Bengkulu.

Ardiyansyah, Rido. 2020. Hubungan Antara Kompetensi Guru Bimbingan dan Konseling dengan Minat Mengikuti Konseling Individu pada Peserta DidikSMP Negeri 5 Metro Tahun Pelajaran 2020/2021. Skripsi. Program Studi Bimbingan dan Konseling. Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan. Universitas muhammadiyah Metro. Lampung.
Bimo, Haryo, Tati Handayani dan Migunani Astuti. 2020. Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Keputusan Pembelian di Ritel Hypermart. Prosiding BIEMA : Business Management, Economic and Accounting National Seminar, Vol. 1, 667-682
Cholilawati dan Dewi Suliyanthini. 2021. Perubahan Perilaku Konsumen Selama Pandemi Covid-19. Equilibrium : Jurnal Pendidikan, Vol. IX
Damasta, Moch. Isnain dan Widayanto. 2018. Pengaruh Kemudahan Transaksi Dan Shopping Convenience Terhadap Customer Satisfaction Melalui Keputusan
Pembelian Dalam Transaksi Belanja Online (Studi pada Mahasiswa FISIP Undip Pengakses Situs Lazada.co.id). Jurnal Ilmu Administrasi Bisnis, Vol.7, No. 4, 147-154.
Ghozali, Imam. 2016. Aplikasi Analisis Multivariete Dengan Program IBM SPSS 23 (Edisi 8). Cetakan ke VIII. Semarang : Badan Penerbit Universitas Diponegoro.
Hariyadi, Guruh Taufan. 2016. Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Konsumen Berbelanja di Minimarket (Studi pada Indomaret dan Alfamart di Semarang). Jurnal Penelitian Ekonomi dan Bisnis, Vol. 01, No. 1.
Hidayah, Rachmahita Resti. 2018. Pengaruh Kepercayaan, Kemudahan dan Keamanan Terhadap Keputusan Pembelian pada Situs E-Marketplace.Skripsi. Program Studi Manajemen. Fakultas Ekonomi dan Bisnis.Universitas Muhammdiyah Surakarta. Sukoharjo.
Kuncoro, Mudrajad. 2013. Metode Riset untuk Bisnis dan Ekonomi. Edisi 4. Jakarta :Erlangga.
Komariah, A’an dan Djam’an Satori. 2011. Metode Penelitian Kualitatif. Bandung :Alfabeta.
Kotler, Philip dan Kevin L. Keller. 2012. Manajemen Pemasaran. Edisi 12. Jakarta :Erlangga.
Mauludiyahwati, Septi. 2017. Pengaruh Kepercayaan, Keamanan, Kualitas Pelayanan dan Persepsi Risiko Menggunakan E-Commerce Terhadap Keputusan Pembelian Online. Skripsi. Program Studi Manajemen. Fakultas Ekonomi. Universitas Negeri Yogyakarta. Yogyakarta.
Rusmiati, Siti. 2017. Pengaruh Profitabilitas, Ukuran Perusahaan, Umur Perusahaan, Dividend Payout Ratio, dan Leverage Terhada Tindakan Perataan Laba (Studi Empiris Pada Perusahaan Manufaktur Yang Go Publik di BEI Tahun 2013-2015). Skripsi. Program Studi Akuntansi. Fakultas Ekonomi dan Bisnis. Universitas Muhammadiyah Gresik. Gresik.
Sangadji, Etta Mamang dan Sopiah. 2013. Perilaku Konsumen. Yogyakarta : Andi Offset.
Sarwono, Jonathan. (2012). Metode Riset Skripsi Pendekatan Kuantitatif Menggunakan Prosedur SPSS (Edisi Pertama). Jakarta : PT Elex Media Komputindo.
Sugiarto. 2017. Metodologi Penelitian Bisnis. Yogyakarta : Andi.
Sugiyono dan Agus Susanto. 2015. Cara Mudah Belajar SPSS & Lisrel. Bandung : Alfabeta
Sugiyono. 2014. Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung : Alfabeta.
Sugiyono. 2015. Metode Penelitian Kombinasi (Mix Methods). Bandung : Alfabeta.
https://jabar.tribunnews.com/2019/04/07/bukan-sekedar-mainan-action-figureternyata-bisa-dijadikan-investasi-tapi-harus-yang-original diakses pada 13
april 2021.
https://news.detik.com/berita-jawa-barat/d-5436150/heboh-desa-miliarder-pakarunpas-ungkap-fenomena-euforia-keuangan diakses pada 14 Maret 2021.
https://review.bukalapak.com/sports/bisa-jadi-investasi-ini-3-keuntunganmengoleksi-action-figure-hasbro-toys-31363 diakses pada 14 Maret 2021.

Downloads

Published

2022-03-14

How to Cite

Herduna Putra, M. K., Paningrum, D., & Cahyani, R. R. (2022). Tingkat Keamanan dan Kemudahan Transaksi pada Toko Offline Terhadap Keputusan Pembelian Action Figure Original. JURNAL EKONOMI BISNIS DAN KEWIRAUSAHAAN, 11(1), 10–20. Retrieved from https://jurnal.usahidsolo.ac.id/index.php/IAB/article/view/963