Hubungan Antara Kecemasan Dengan Kepercayaan Diri Pada Guru Di SMA Negeri 8 Surakarta

Authors

  • Dhian Riskyana Putri Universitas Sahid Surakarta, Indonesia
  • Adinda Rizkilla Universitas Sahid Surakarta, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.47942/asosiatif.v2i2.1410

Abstract

Seorang guru baik tingkat SD,SMP,SMA mereka harus memiliki kepercayaan diri yang lebih. Terkhusus guru SMA yang mengajar siswa usia dewasa awal dimana tingkat kognitif yang dimiliki pastilah sudah terbentuk dari pengalaman-pengalaman sebelumnya. Dengan adanya hal tersebut tantangan dalam menyampaikan materi pastilah lebih sulit disbanding tingkatan yang lebih rendah. Tantangan itulah yang mampu menimbulkan rasa cemas pada diri guru. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan antara kecemasan dengan kepercayaan diri pada guru. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif dengan jumlah responden 35 guru. Teknik pengampilan sampel yang digunakan dalam penelitian ini menggunakan teknik purposive sampling ( guru berjenis kelamin perempuan), dengan analisis data

menggunakan  uji  product  moment.  Hasil  penelitian  ini  membuktikan  adanya

hubungan positif yang signifikan antara kecemasan dengan kepercayaan diri. Tingkat hubungan ditunjukkan melalui nilai koefisien korelasi sebesar 0,602 dan nilai signifikansi

(p) 0,005 < 0,05. Dengan nilai korelasi 0,602 dapat dikatakan bahwa semakin tinggi tingkat kepercayaan diri seorang guru maka akan semakin tinggi pula tingkat kecemasannya.

 

Kata kunci : Guru, kecemasan, kepercayaan diri.

Downloads

Published

2023-07-20

Citation Check