PANDEMI COVID 19 : RESILIENSI GURU SMK
Keywords:
covid 19, guru smk, resiliensiAbstract
Masa pandemi covid 19 membuat dunia pendidikan mengalami banyak keterkejutan. Salah satu unsurnya adalah tenaga pendidik/guru di SMK, dimana mereka mengalami kesulitan dalam mengajar. Oleh karena itu, guru diharapkan mempunyai daya adaptasi saat kondisi menekan (resiliensi). Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui gambaran resiliensi guru SMK disaat pandemi covid 19. Subjek penelitian ini adalah guru SMK di Sukoharjo dengan jumlah 5 orang (3 laki-laki dan 2 perempuan) . Teknik pengambilan sampel dengan purposive sampling yang memiliki kriteria seorang guru SMK, mengajar di kelas X,XI,XII dan melakukan pembelajaran daring saat pandemi covid 19. Metode yang digunakan adalah metode kualitatif deskripsi dengan wawancara. Hasil penelitian menunjukkan bahwa guru di SMK memiliki resiliensi yang cukup baik. Guru berupaya untuk tetap optimis, gigih dan kuat dalam menghadapi kesulitan yang ada.
Downloads
References
Amalia R.,Ridho AA. 2021. Edu Consilium : Jurnal BK Pendidikan Islam vol 2, No. 1. 12-20 eISSN : 2503 3417, ISSN : 2548-4311
Baron, R & Byrne, D. 2005. Psikologi Sosial. Jilid II Edisi Kesepuluh (Terjemahan Djuwita, R. Dkk). Jakarta : Penerbit Erlangga 35
Jurnal Talenta Psikologi Nomor XI Volume 2 Connor, K. M. 2003. Development of a new resilience scale: the connordavidson resilience scale (CDRISC). Depression and anxiety 18(2), 76-82
Creswell, J.W. 2010. Research Design Pendekatan Kualitatif, Kuantitatif dan Mixed. Jogjakarta : Pustaka Pelajar
Fernanda Rojas, L. 2015. Factors affecting academic resilience in middle school students : A case study. Gist
Education And Learningresearch Journal, 11(11), 63– 78.
Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan. 2020. Pedoman Pelaksanaan Belajar dari rumah Selama Darurat Bencana Covid-19 di Indonesia. Surat Edaran Sekretaris Jenderal No. 15 Tahun 2020
Leeson, K., Bhandari, P. B., Myers, A., & Buscher, D. 2020. Measuring the Self-Reliance of Refugees. Journal of Refugee Studies.https://doi.org/10.1093/jrs/fez076
Luthar, S. S., & Cicchetti, D. (2000). Theconstruct of resilience: Implications for interventions and social policies. Development and Psychopathology, 12(4), 857–885. https://doi.org/10.1017/S095457940 0004156
Purwanto, A. (2020). Studi eksplorasi Dampak WFH Terhadap Kinerja Guru. Journal of Education, Psychology and Counseling, 2(1),92–100.
Patilima, H. 2016. Metode Penelitian Kualitatif. Bandung : Alfabeta Purwanto, A. et al 2020. Studi Eksploratif Dampak Pandemi Covid 19 terhadap Pembelajaran Online di Sekolah Dasar. Journal of Educa- tion, Psychology and Counseling, 2(1), 1- 12 Reivich, K. & Shatte, A. 2002. The Resilience Factors, New York: Broadway Books
Sari, S., Aryansah, J., & Sari, K. 2020. Resiliensi Mahasiswa dalam Menghadapi Pandemi Covid 19 dan Implikasinya terhadap Proses Pembelajaran. Indonesian Journal of Guidance and Counseling: Theory and Application, 9(1), 17-22.https://doi.org/10.15294/ijgc.v9i1.38674
Utami, CT., Helmi, AF. 2017. Self Efficacy dan Resiliensi : Sebuah Tinjauan Meta Analisis. Buletin Psikologi. Ol 25, No. 1, 54-65 DOI:10.22146/buletinpsikologi-18419