HUBUNGAN ANTARA EFIKASI DIRI, DUKUNGAN SOSIAL DAN STRES DENGAN MOTIVASI BELAJAR MAHASISWA DIMASA PANDEMI COVID-19
DOI:
https://doi.org/10.47942/talenta.v13i2.1824Abstract
Pandemi covid-19 menyebabkan perubahan metode pembelajaran menjadi pembelajaran dalam jaringan (daring). Perubahan metode pembelajaran menimbulkan permasalahan seperti kurang adanya motivasi belajar pada mahasiswa. Padahal keberhasilan seseorang dalam belajar sangat berkaitan dengan adanya motivasi belajar.Tujuan penelitian ini yaitu untuk menguji hubungan antara efikasi diri, dukungan sosial dan stres dengan motivasi belajar mahasiswa dimasa pandemi Covid-19. Hipotesis yang diajukan oleh peneliti ini adalah adanya hubungan antara efikasi diri, dukungan sosial, stres dengan motivasi belajar pada mahasiswa dimasa pandemi covid-19. Sampel pada penelitian ini adalah mahasiswa Universitas Muhammadiyah Surakarta (N = 212), dipilih dengan teknik simple random sampling dan snowball sampling. Instrumen pengumpulan data melalui survey online dengan menggunakan empat skala, yaitu skala motivasi belajar, General Self-Efficacy Scale (GSES), The Multidimensional Scale of Perceived Social Support (MSPSS) dan Perceived Stress Scale (PSS-10). Data dianalisis menggunakan regresi linear berganda. Hasilnya menunjukkan nilai yang signifikan p = 0,000 (p < 0,05) dan F sebesar 50.159, sumbangan efektif = 42%. Hal ini menunjukkan bahwa terdapat hubungan antara efikasi diri, dukungan sosial dan stres dengan motivasi belajar.
Downloads
Downloads
Published
Issue
Section
Citation Check
License
Copyright (c) 2025 1-endah_1

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.