DINAMIKA PENGEMBANGAN KARIR MAHASISWA PKL KEPERAWATAN JIWA: STUDI KUALITATIF MOTIVASI DAN HAMBATAN
DOI:
https://doi.org/10.47942/talenta.v14i2.2132Abstract
Praktik klinik lapangan (PKL) keperawatan jiwa bertujuan mengembangkan kompetensi mahasiswa, tetapi sering terkendala stigma, fasilitas terbatas, dan tekanan mental. Penelitian ini mengeksplorasi motivasi dan hambatan mahasiswa selama PKL untuk meningkatkan kualitas pendidikan dan minat di bidang keperawatan jiwa. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif dengan wawancara dan dokumentasi sebagai teknik pengumpulan data. Narasumber dipilih purposive, yaitu tujuh mahasiswa keperawatan jiwa. Data dianalisis melalui pengumpulan, reduksi, penyajian, dan penarikan kesimpulan untuk memperoleh pemahaman mendalam tentang fenomena yang diteliti. Penelitian ini menunjukkan bahwa dinamika pengembangan karir mahasiswa PKL keperawatan jiwa yang dipengaruhi oleh motivasi dan hambatan. Motivasi intrinsik mahasiswa, seperti keinginan untuk membantu pasien, dan motivasi ekstrinsik, seperti dukungan dari lingkungan kerja, berperan penting dalam membangun semangat belajar mereka. Dukungan sosial, baik dari pembimbing maupun rekan sejawat, juga memperkuat motivasi mahasiswa. Namun, hambatan seperti tekanan psikologis, kelelahan fisik, jarak lokasi PKL, dan kesulitan beradaptasi dengan pasien menjadi tantangan yang harus dihadapi. Pengalaman PKL memberikan wawasan praktis yang memperkaya keterampilan mahasiswa, sementara dukungan yang intensif dari institusi dan pembimbing sangat diperlukan untuk mengoptimalkan pengembangan karir mereka. Motivasi dan dukungan eksternal yang baik menjadi kunci dalam membentuk perawat jiwa yang kompeten dan berdedikasi.
Kata Kunci: Pengembangan Karir, Studi Kualitatif, Motivasi, Hambatan
Downloads
Downloads
Published
Issue
Section
Citation Check
License
Copyright (c) 2025 Wahyunnisa Aisy Agustini

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.