ANALISIS LINGKUNGAN KELUARGA DAN ASPEK PSIKOSOSIAL ANAK TK MASYITOH IV SURAKARTA
DOI:
https://doi.org/10.47942/talenta.v14i2.2133Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh lingkungan keluarga terhadap karakteristik psiko-emosional anak di Taman Kanak-Kanak (TK) di Surakarta. TK merupakan lingkungan luar pertama bagi anak-anak untuk berkembang sejak dini, namun banyak permasalahan psikologis seperti kurangnya inisiatif dan ketakutan untuk berbuat salah yang dapat mempengaruhi perkembangan karakter anak. Metode penelitian yang digunakan adalah kuantitatif melibatkan 24 responden yang merupakan wali murid dari anak usia 4-6 tahun. Data dianalisis secara univariat menggunakan tabel distribusi frekuensi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa mayoritas anak (75%) memiliki kondisi psikososial yang baik. Sebanyak 50% responden berada dalam kategori lingkungan keluarga yang mendukung, sementara 50% lainnya berada dalam kategori lingkungan keluarga yang kurang mendukung. Faktor usia, jenis kelamin, dan kondisi lingkungan keluarga ditemukan memiliki pengaruh terhadap perkembangan psikososial anak. pentingnya intervensi pada keluarga dengan lingkungan yang kurang mendukung. Program-program yang berfokus pada peningkatan kualitas komunikasi dalam keluarga, dukungan emosional, serta peran orang tua dalam pengasuhan perlu dikembangkan untuk meningkatkan kesejahteraan psikososial anak.
Kata Kunci : anak, keluarga, lingkungan, psikososial
Downloads
Downloads
Published
Issue
Section
Citation Check
License
Copyright (c) 2025 Inda Putri Kinanti

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.