HUBUNGAN ANTARA GRATITUDE DENGAN SUBJECTIVE WELLBEING PADA SHADOW TEACHERS DI SEKOLAH INKLUSI SURAKARTA

Authors

  • RIZKY WAHYU ANISA

Keywords:

gratitude, subjective well-being, shadow teachers

Abstract

Subjective well-being merupakan konsep yang mengacu pada emosi positif yang dirasakan individu serta penilaian positif terhadap pengalaman hidup individu. Penelitian ini bertujuan melihat sejauh mana subjective well-being yang dimiliki shadow teacher di Surakarta. penelitian sebelumnya menunjukan salah satu faktor yang mempengaruhi subjective well-being adalah gratitude. penelitian ini berusaha membuktikan apakah gratitude merupakan faktor yang mempengaruhi subjective well-being di sekolah inklusi Surakarta. Responden dalam penelitian ini berjumlah 81 dengan teknik pengambilan sampel purposive sampling dengan kriteria shadow teacher dengan usia 24-35 tahun serta berjenis kelamin laki-laki dan perempuan.Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif yang menggunakan skala dukungan gratitude dan skala subjective well-being. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis statistik deskriptif dan pearson correlation. Berdasarkan hasil analisis data dapat disimpulkan bahwa tidak terdapat korelasi antara gratitude dan subjective well-being pada shadow teacher di sekolah inklusi Surakarta.

Downloads

Download data is not yet available.

Downloads

Published

2020-07-16

Citation Check