Perilaku Menyontek Siswa ditinjau dari Kecenderungan Locus of Control
Keywords:
locus of control, perilaku menyontek, jenis kelaminAbstract
Perilaku menyontek atau cheating merupakan salah satu fenomena pendidikan yang sering dan bahkan selalu muncul menyertai aktivitas proses belajar mengajar. Salah satu faktor yang mempengaruhi perilaku menyontek adalah kecenderungan locus of control. Populasi adalah siswa-siswi SMAN 1 Widodaren dengan jumlah sampel sebanyak 70 orang. Sampel tersebut diambil dengan tehnik cluster random samplin. Metode pengambil data dengan menggunakan skala locus of control dan skala prilaku menyontek yang kemudian di analisis dengan Annava dua jalur. Hasil analisis menunjukan bahwa ada perbedaan yang signifikan perilaku siswa ditinjau dari kecenderungan locus of control dengan nilai R2 sebesar 0,079 dan FA sebesar 5,961 dengan p=0,016 (p<0,05). Hasil analisis juga menunjukan tidak ada perbedaan jenis kelamin dengan nilai F sebesar 2,813 dengan p=0,094 (p>0,05). Hasil tersebut menunjukan bahwa variable locus of control mencakup aspek-aspek yang ada di dalamnya dapat dijadikan sebagai prediktor untuk memprediksi atau mengukur perilaku menyontek