Hubungan Antara Kecenderungan Narsisme dengan Minat Membeli Kosmetik Merek Asing Pada Pria Metroseksual
Keywords:
kecenderungan narsisme, kosmetik merek asing, pria metroseksualAbstract
Bagi pria metroseksual, penampilan fisik yang menarik adalah salah satu potensi yang menguntungkan untuk melakukan interaksi dengan orang lain. Penampilan menarik yang mengarah pada narsisme ini didukung oleh kemunculan kosmetik dengan merek asing dan lokal bagi pria yang beredar di pasaran. Hipotesis pada penelitian yaitu ada hubungan antara kecenderungan narsisme dengan minat membeli kosmetik merek asing pada pria metroseksual. Subyek berjumlah 40 orang yang ditemui di gerai-gerai kosmetik merek asing dengan studi populasi sebagai teknik pengambilan sampelnya. Diperoleh hasil analisis data r<0,348; p=0,014 (p<0,05). Sumbangan efektif 14,7% sehingga terdapat 85,3% faktor-faktor lain yang mempengaruhi kecenderungan narsisme di luar variable minat membeli kosmetik merek asing, misalnya faktor psikologis, biologis, dan sosiologis. Kesimpulan yang diperoleh adalah ada hubungan positif antara kecenderungan narsisme dengan minat membeli kosmetik merek asing pada pria metroseksual