Efikasi Diri Guru Bimbingan Konseling Di Sma Bhineka Karya 3 Boyolali
Keywords:
efikasi diri, dimensi tingkat, , dimensi kekuatanAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah ada efikasi diri pada guru bimbingan konseling di SMA Bhineka Karya 3 Boyolali. Dalam hal ini faktor emosi merupakan salah satu faktor yang berpengaruh terhadap efikasi - diri (self efficacy) guru. Bandura (Feist. 2010), menyatakan bahwa efikasi – diri dipengaruhi oleh beberapa faktor diantaranya, pengalaman keberhasilan (mastery experiences), pengalaman orang lain (vicarious experiences), persuasi sosial (social persuation), serta keadaan fisiologis dan emosional (physiological and emotinoal states). Penelitian ini menggunakan pendekatatan kualitatif. Subjek dalam penelitian ini guru bimbingan konseling dan siswa kelas XII IPS SMA Bhineka Karya 3 Boyolali. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan cara wawancara, observasi, studi pustaka dan studi dokumen.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa Guru bimbingan konseling di SMA Bhineka Karya 3 Boyolali memiliki efikasi diri yang baik. Guru yang memiliki efikasi diri yang baik, dipengaruhi oleh aspek : Dimensi tingkat / magnitude yang mengacu pada derajat kesulitan tugas individu, yang mana individu merasa mampu untuk melakukannya. Dimensi kekuatan / Strength yang menunjuk pada seberapa yakin individu dalam menggunakan kemampuannya pada pengerjaan tugas. Dimensi generalilsasi / Generality yang menjelaskan keyakinan individu untuk menyelesaikan tugas-tugas tertentu dengan tuntas dan baik