Systematic Literature Review: Efektifitas Model Problem Based Learning (PBL) Pada Pembelajaran Kimia SMA Terhadap Hasil Belajar Siswa
Keywords:
Problem Based Learning, Hasil Belajar Kimia SMA, PRISMAAbstract
Latar belakang: Pada dasarnya pembelajaran Kimia bersifat abstrak sehingga siswa mengalami kesulitan untuk memahami materi Kimia. Sebagai seorang pendidik, guru harus memiliki model pembelajaran yang dapat menarik siswa untuk belajar dan lebih mudah memahami materi Kimia. Salah satu model pembelajaran yang dapat digunakan adalah model Problem Based Learning (PBL). Model ini menekankan pemecahan masalah dalam dunia yang dapat mengembangkan kemampuan berpikir siswa, sehingga dapat meningkatkan hasil belajar. Tujuan: Penelitian ini bertujuan untuk meninjau keefektifan model Problem Based Learning dalam pembelajaran Kimia SMA terhadap Hasil Belajar siswa. Metode: Dalam studi literatur ini digunakan metode PRISMA yang mengkaji artikel tentang keefektifan model Problem Based Learning terhadap hasil belajar Kimia Siswa SMA yang terbit dalam 5 tahun terakhir (2019-2023). Pencarian artikel menggunakan bantuan Directory of Open Access Journals (DOAJ) dan Publish or Perish (POP) yang hanya dilakukan pada database Google Scholar. Kata kunci yang digunakan adalah “Efektifitas Problem Based Learning AND Chemistry OR Pembelajaran Berbasis Masalah AND Kimia” dan “Efektifitas Problem Based Learning, Hasil Belajar, Kimia SMA”. Batasan masalah studi literatur ini dibatasi pada artikel Bahasa Indonesia dan Bahasa inggris yang merupakan hasil penelitian empiris, serta penggunaan model Problem Based Learning dalam meningkatkan Hasil Belajar Kimia Siswa SMA. Hasil: Pada penelitian literatur ini didapatkan hasil yaitu, 1) Diketahui model PBL dapat meningkatkan Hasil Belajar Kimia 2) Diketahui adanya model PBL yang tidak dapat meningkatkan Hasil Belajar Kimia. Kesimpulan: Dengan adanya model Problem Based Learning ini mampu meningkatkan Hasil Belajar siswa dalam mempelajari Kimia.