EVALUASI WEBSITE DINAS TENAGA KERJA KABUPATEN SRAGEN MENGGUNAKAN METODE WEBQUAL 4.0 & IMPORTANCE PERFORMANCE ANALYSIS (IPA)

Authors

  • Anggi Nabila Dwi PuspitaSari Universitas Sahid Surakarta, Indonesia
  • Sri Huning Anwariningsih Universitas Sahid Surakarta, Indonesia

Keywords:

Webqual, IPA, Website, Dinas Tenaga Kerja, Kabupaten Sragen

Abstract

Kualitas sebuah website menjadi faktor terpenting yang harus diperhatikan dalam sebuah instansi terutama instansi pemerintah. Untuk Mengetahui tingkat kualitas website maka perlu adanya evaluasi. Adapun tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengevaluasi kinerja website dengan menggunakan metode Webqual 4.0 dan Importance Performance Analysis (IPA) yang hasil penelitian ini akan memberi masukan dalam proses peningkatan kualitas website Disnaker Kabupaten Sragen.

Instrumen yang digunakan diambil dari metode webqual 4.0 usability quality, information quality, service interaction quality. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan penyebaran kuesioner pada pegawai disnaker Kabupaten Sragen dan masyarakat umum. Pada metode webqual 4.0 teknik analisis yang digunakan adalah uji normalitas, uji F dan uji T.

 

Perhitungan GAP menunjukkan hasil negatif (< 0) yaitu sebesar -1,1, sehingga dapat disimpulkan bahwa kualitas website belum memenuhi harapan pengguna. Hasil analisis kuadran IPA didapatkan 6 atribut yang masuk dalam kuadran A dimana kuadran ini adalah prioritas utama dalam perbaikan layanan. Terdapat 7 atribut pada kuadran B dimana kuadran ini harus dipertahankan dikarenakan tingkat kepentingan dan kinerjanya samasama tinggi. Satu atribut berada di kuadran C yakni memiliki tingkat kinerja dan kepentingan yang sama-sama rendah. Yang terahkir pada kuadran D yaitu layanan yang berlebih sedangkan kepentingannya rendah.

Downloads

Published

2023-11-01

Issue

Section

Articles

Citation Check