Tingkat Kepuasan Pasien terhadap Kualitas Pelayanan di Apotek Ku Sehat
Keywords:
Tingkat Kepuasan Pasien; Kualitas Pelayanan Kefarmasian, ApotekAbstract
Keberagaman dan kemudahan akses terhadap kesehatan membuat masyarakat dapat memilih fasilitas kesehatan dalam memberikan pelayanan kesehatan yang berkualitas. Dalam meningkatkan mutu pelayanan diperlukan survei tingkat kepuasan pasien. Penelitian ini menggunakan tiga dimensi untuk mengukur kepuasan pasien terhadap kualitas pelayanan kefarmasian di Apotek Ku Sehat, yaitu dimensi daya tanggap, empati dan bukti nyata. Penelitian bertujuan untuk mengetahui tingkat kepuasan pasien terhadap kualitas pelayanan berdasarkan dimensi daya tanggap, empati dan bukti nyata pada Apotek Ku Sehat. Metode penelitian ini merupakan penelitian non eksperimen dengan desain deskriptif pada pasien di Apotek Ku Sehat dengan pengambilan sampel berdasarkan metode Accidental Sampling dengan penentuan sampel menggunakan rumus Lemeshow sehingga diperoleh 96 responden. Instrumen penelitian menggunakan kuesioner. Teknik analisis data menggunakan analisis deskriptif berupa frekuensi dan persentase. Hasil pengukuran tingkat kepuasan pada dimensi daya tanggap sebesar 78,65% (sangat puas), empati 75% (sangat puas), dan bukti nyata 80,73% (sangat puas). Secara keseluruhan tingkat kepuasan pasien terhadap kualitas pelayanan kefarmasian di Apotek Ku Sehat termasuk dalam kategori sangat puas.
Downloads
References
Apolina CCI, N., & Ekowati, T. (2022). Analisis Tingkat Kepuasan Konsumen Terhadap Kualitas Pelayanan Resep Tunai Di Apotek Kimia Farma Juanda Bogor. Jurnal Farmamedika (Pharmamedica Journal), 7(2), 87–94. https://doi.org/10.47219/ath.v7i2.156
Desiana, G., Salam, M. R., & Rahmat, N. (2023). Tingkat Kepuasan Pasien Terhadap Pelayanan Kefarmasian Di Apotek Kimia Farma Sao-Sao Unit Bisnis Kota Kendari. Jurnal Pelita Sains Kesehatan, 3(2), 54–66. http://www.ojs.pelitaibu.ac.id/index.php/jpasaik
Destiyani, Nisa, N. A., Zaila M.A, T., & Agus Santoso, A. P. (2022). Gambaran Tingkat Kepuasan Pasien Terhadap Kualitas Pelayanan Obatdi Apotek Kinan Farma Mojosongo Periode November-Desember Tahun 2021. Media Farmasi Indonesia, 17(1). https://doi.org/10.53359/mfi.v17i1.189
Di, K., Giri, A., & Purwantoro, H. (2022). 1) , 2). 6, 2–6.
Kemenkes RI. (2009). Permenkes 659 Tahun 2009 about World-Class Indonesian Hospitals. 1–10. file:///C:/Users/gryas/Downloads/Permenkes Nomor 659 Tahun 2009.pdf
KEMENKES RI. (2019). Petunjuk Teknis Di Puskesmas Standar Pelayanan Kefarmasian Di Apotik Kementerian. In Kementerian Kesehatan Republik Indonesia, 1–74. (Vol. 53, Issue 9, pp. 1689–1699).
Ramos, A. L. S. C. (2016). permenkes 2016- Standar Pelayanan Kefarmasian Di Apotek. 66, 37–39.
Syahnita, R. (2021). Tingkat Kepuasan Pasien Terhadap Pelayanan Kefarmasian Di Apotek Bareng Kota Malang. Modul Biokimia Materi Metabolisme Lemak, Daur Asam Sitrat, Fosforilasi Oksidatif Dan Jalur Pentosa Fosfat, 6.
Yoon, C. (2017). Kemenkes RI 2017 Tentang Apotek , Staatsblad 1949:419). Peraturan Menteri Kesehatan Republik Indonesia Nomor 9 Tahun 2017 Tentang Apotik, 1–36.