Pedoman Penulisan Artikel
Artikel yang diajukan akan dinilai oleh Tim Mitra Bestari. Dewan Redaksi berwenang untuk menerima atau menolak naskah yang diajukan. Artikel yang dikirimkan kepada redaksi dalam bentuk hardcopy dan / atau softcopy yang ditulis dalam program Microsoft Word).

Sistematika.
Artikel yang berupa penelitian disusun dengan sistematika sebagai berikut:
Abstract
Pendahuluan (Latar Belakang, Permasalahan, Tujuan Penulisan, Landasan Teori)
Metode Penelitian
Hasil dan Pembahasan
Simpulan
Daftar Pustaka
Artikel yang berupa kajian ilmiah, disusun dengan sistematika sebagai berikut:
Abstract
Pendahuluan (Latar Belakang, Permasalahan, Tujuan Penulisan, Landasan Teori)
Gambaran Umum Studi (kerangka berpikir dalam kajian ilmiah)
Pembahasan
Simpulan
Daftar Pustaka
Sedangkan untuk artikel yang berupa pengabdian pada masyarakat, disusun dengan sistematika sebagai berikut:
Abstract
Pendahuluan (Analisis Situasi, Metode Pelaksanaan, Rencana Kerja Dan Jadwal Pelaksanaan, Kelayakan PT, Biaya Pekerjaan )
Gambaran Umum Studi
Pembahasan
Simpulan
Daftar Pustaka

Revisi. Redaksi berhak untuk menyempurnakan kalimat, tanpa merubah maksud dari kalimat. Artikel yang belum sempurna akan dikembalikan kepada penulis untuk disempurnakan.

Bahasa. Artikel ditulis dalam bahasa Indonesia atau bahasa Inggris.

Format. Artikel dikirimkan rangkap dua. Judul ditulis (font 14), nama penulis (font 13), tempat penelitian/tempat bekerja penulis, email penulis (font 12). Abstrak (font 10) ditulis dalam kolom tunggal, termasuk kata kuncinya. Naskah diketik 1 (satu) spasi font 10 Times New Roman dalam kolom tunggal. Panjang artikel diupayakan antara 9 sampai dengan 12 halaman (tidak termasuk daftar pustaka), dicetak dengan ukuran kertas custom size (17,5 cm x 24,5 cm) dengan margin kiri 3 cm, kanan 2 cm, atas 3 cm, dan bawah 2 cm. Sub judul dicetak tebal tanpa nomor urut. Setiap paragaraf baru di tulis menjorok ke dalam sebanyak 5 huruf. Setiap halaman diberi nomor halaman di bawah-kanan.

Judul Artikel. Seringkas mungkin dan ditulis dalam bahasa Indonesia.

Nama Penulis. Ditulis lengkap (tanpa gelar/ sebutan apapun) disertai nama lokasi penelitian atau tempat penulis bekerja di bawah judul artikel serta alamat email dengan kolom tunggal.

Abstract. Ditulis dalam bahasa Inggris masing-masing sekitar 120 kata, secara singkat memberikan gambaran aspek penting dan hasil pokok penelitian serta simpulan. Abstrak ditulis dalam kolom tunggal dilengkapi kata kunci yang sesuai (4 kata kunci).

Tabel dan Gambar. Harus diberi nomor secara berurutan sesuai urutan pemunculannya. Setiap gambar dan tabel perlu judul singkat yang diletakkan di atas untuk tabel dan bawah untuk gambar. Gambar dan tabel yang terlalu besar dapat diperkecil oleh redaksi untuk disesuaikan dengan format artikel.

Pengiriman Naskah
Naskah dapat dikirim langsung ke Sekretariat Jurnal Gaung Informatika, Program Studi Teknik Informatika Usahid, Kampus Universitas Sahid Surakarta, Jl. Adi Sucipto 154 Solo, 57144. Telp. (0271) 743493, 743494, Fax (0271) 742047 atau melalui email ke gaunginformatika@usahidsolo.ac.id

Daftar Pustaka. Disusun ke bawah sesuai abjad nama akhir penulis pertama sebagai berikut:
- Buku: Penulis. Tahun terbit. Judul Buku. Edisi. Kota buku diterbitkan, Penerbit.
- Jurnal: Penulis (tahun). Judul Tulisan. Nama Jurnal (cetak miring). Institusi. Volume (Nomor). Halaman.
- Paper dalam proceeding: Penulis. Tahun. Judul Tulisan. Nama Seminar (cetak miring). Institusi. Tanggal Seminar. Halaman.
- Tesis/ TA: Penulis. Tahun. Judul Tesis/ TA. Universitas.
- Engineering Standard: Penulis. Tahun. Judul Buku. Kota Penerbitan. Penerbit.
- Dokumen Pemerintah: Organisasi. Tahun. Nama Dokumen. Kota/ Tempat Pemerintahan.
- Manual Laboratorium: Judul Manual. Tahun. Nama Buku Manual. Kota Penerbitan. Penerbit.
Daftar pustaka yang ditulis hanya yang ada/ yang dikutip di dalam artikel saja, minimal 5 pustaka kurun waktu 10 tahun terakhir. Penulisan pustaka yang kutip dalam artikel ditulis dengan nama penulis dan tahun penerbitan di dalam kurung (penulis, tahun).