HUBUNGAN TINGKAT PENGETAHUAN IBU TENTANG IMUNISASI DASAR DENGAN KEPATUHAN PEMBERIAN IMUNISASI DASAR PADA BAYI DI PUSKESMAS GROGOL KABUPATEN SUKOHARJO

  • Zetik Undarti
  • Lilis Murtutik
  • Anik Suwarni

Abstract

Latar Belakang: Di Indonesia, program imunisasi telah dimulai sejak abad ke 19 untuk membasmi penyakit cacar di Pulau Jawa. Tahun 1977 sampai dengan tahun 1980 mulai diperkenalkan imunisasi BCG, DPT dan TT untuk memberikan kekebalan terhadap penyakit TBC anak, difteri, pertusis dan tetanus neonatorum. Mulai tahun 1981 diperkenalkan antigen polio dan campak di 55 buah kecamatan Imunisasi adalah pemberian vaksin untuk mencegah terjadinya penyakit tertentu. Adanya balita yang mendapatkan imunisasi dasar tetapi tidak lengkap dapat mengindikasikan adanya ketidak patuhan orang tua terhadap jadual imunisasi dasar bagi anaknya dan menjadikan anak tidak memiliki kekebalan terhadap penyakit yang dapat dicegah dengan imunisasi tetapi tidak efektif.
Tujuan: Mengetahui hubungan tingkat pengetahuan ibu tentang imunisasi dasar dengan kepatuhan pemberian imunisasi dasar pada bayi di puskesmas grogol Kabupaten Sukoharjo.
Metode: Penelitian ini merupakan jenis penelitian deskriptif korelasi dengan pendekatan cross sectional. Uji statistik menggunakan Chi square test. Penelitian ini melibatkan 165 responden dengan teknik purposive sampling. Hasil: Untuk pengetahuan ibu sebagian besar responden memiliki tingkat pengetahuan sedang sejumlah 81 orang (49,1%). Responden pengetahuan rendah sejumlah 46 orang (27,9%). Sedangkan responden dengan pengetahuan tinggi sejumlah 38 orang (23%), sedangkan untuk kepatuhan pemberian imunisasi sebagian besar patuh terhadap program imunisasi kepada anak yaitu 103 orang (62,4%). Sedangkan responden yang masuk kategori tidak patuh sejumlah 62 orang (37,6%) dan hubungan tingkat pengetahuan ibu tentang imunisasi dasar dengan kepatuhan pemberian imunisasi dasar didapatkan hasil analisa dengan uji statistik Chi-kuadrat atau Chi-square χ2 hitung = 0,026, χ2 tabel = 0,05, ini berarti harga χ2 hitung χ2 tabel, jadi hipotesis diterima yaitu ada hubungan pengetahuan Ibu tentang Imunisasi dasar Kepatuhan pemberian imunisasi dasar pada bayi. Simpulan: yaitu ada hubungan pengetahuan Ibu tentang Imunisasi dasar Kepatuhan pemberian imunisasi dasar pada bayi.
Published
2019-09-14
How to Cite
UNDARTI, Zetik; MURTUTIK, Lilis; SUWARNI, Anik. HUBUNGAN TINGKAT PENGETAHUAN IBU TENTANG IMUNISASI DASAR DENGAN KEPATUHAN PEMBERIAN IMUNISASI DASAR PADA BAYI DI PUSKESMAS GROGOL KABUPATEN SUKOHARJO. JURNAL ILMU KEPERAWATAN INDONESIA (JIKI), [S.l.], v. 1, n. 1, sep. 2019. ISSN 1979-8261. Available at: <http://jurnal.usahidsolo.ac.id/index.php/JIKI/article/view/354>. Date accessed: 22 nov. 2019.