PENGARUH POLA ASUH ORANG TUA TERHADAP TINGKAT PERKEMBANGAN SOSIAL ANAK USIA 3-5 TAHUN DI DESA MANYARAN KECAMATAN KARANGGEDE KABUPATEN BOYOLALI

  • Nur Hidayati
  • Lilis Murtuti
  • Anniez Rachmawati

Abstract

Latar Belakang: Orang tua merupakan pendidik anak dan utama bagi anaknya di rumah sehingga sikap dan cara mendidik yang dilakukan oleh orang tua akan berpengaruh pada perkembangan anak, termasuk perkembangan sosial. Penerapan pola asuh pada setiap orang tua akan berbeda satu dengan oranng tua lainnya dan perkembangan anakpun juga akan berbeda. Perkembangan social pada anak usia 3-5 tahun masih sangat dipengaruhi bagaimana penerapan pola asuh dilakukan orang tua.
Tujuan penelitian: Mengetahui pengaruh pola asuh orang tua terhadap tingkat perkembangan sosial anak usia 3-5 tahun di desa Manyaran Kecamatan Karanggede Kabupaten Boyolali.
Metode: Merupakan penelitian deskriptif kuantitatif dengan desain penelitian
cross sectional. Sampel penelitian adalah 67 orang tua yang mempunyai anak yang berumur 3-5 tahun yang bertempat tinggal di Desa Manyaran. Teknik pengambilan sampel menggunakan purposive sampling. Instrumen penelitian menggunakan kuesioner pola asuh dan test Perkembangan sosial menggunakan VSMS. Alat analisis data menggunakan uji Kruskal Wallis.
Hasil: Sebanyak 12 responden (17,9%) dengan pola asuh otoriter, 20 responden (29,9%) dengan pola asuh permisif, dan 35 responden dengan pola asuh demokratis (52,2%). Sebanyak 12 responden (17,9%) mempunyai perkembangan sosial anak diatas rata-rata, 42 responden (62,7%) dengan perkembangan social kategori rata-rata dan 13 responden (19,4%) mempunyai anak dengan perkembangan social dengan kategori di bawah rata-rata. Hasil uji Kruskal Wallis diperoleh p = 0,000.
Simpulan: Terdapat pengaruh pola asuh orang tua terhadap tingkat perkembangan sosial anak usia 3-5 tahun di desa Manyaran Kecamatan Karanggede Kabupaten Boyolali.

Downloads

Download data is not yet available.

Author Biographies

Nur Hidayati

Program Studi Ilmu Keperawatan Universitas Sahid Surakarta

Lilis Murtuti

Program Studi Ilmu Keperawatan Universitas Sahid Surakarta

Anniez Rachmawati

Program Studi Ilmu Keperawatan Universitas Sahid Surakarta

Published
2020-08-10
How to Cite
HIDAYATI, Nur; MURTUTI, Lilis; RACHMAWATI, Anniez. PENGARUH POLA ASUH ORANG TUA TERHADAP TINGKAT PERKEMBANGAN SOSIAL ANAK USIA 3-5 TAHUN DI DESA MANYARAN KECAMATAN KARANGGEDE KABUPATEN BOYOLALI. Jurnal Ilmu Keperawatan Indonesia (JIKI), [S.l.], v. 13, n. 1, aug. 2020. ISSN 2657-0076. Available at: <http://jurnal.usahidsolo.ac.id/index.php/JIKI/article/view/523>. Date accessed: 28 oct. 2020.