PENGARUH PENDIDIKAN KESEHATAN MELALUI AUDIOVISUAL TERHADAP PENGETAHUAN TENTANG BULLYING PADA ANAK KELAS V DI SDN 3 KARANGASEM

  • Rindi Suryolelono
  • Atik Aryani
  • Rif Atiningtyas

Abstract

Latar Belakang: Fenomena tindak kekerasan pada anak sekolah saat ini merupakan hal yang sering dihadapi. Salah satu bentuk tindakan kekerasan yang dapat menimbulkan dampak serius bagi anak sekolah adalah penindasan atau bullying. Bullying adalah perilaku negatif yang dilakukan oleh seseorang atau sekelompok orang yang dapat merugikan orang lain. Pencegahan bullying dapat dilakukan dengan meningkatkan pengetahuan. Salah satu cara untuk meningkatkan pengetahuan adalah dengan cara memberikan pendidikan kesehatan melalui audiovisual.
Tujuan: Melihat Pengaruh Pendidikan Kesehatan Melalui Audiovisual Terhadap Pengetahuan Tentang Bullying Pada Anak Kelas V SDN 3 Karangasem.
Metode: Desain penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah prexksperimental dengan rancangan one group pre and post test. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh murid kelas lima SDN 3 Karangasem. Teknik pengambilan sampel menggunakan teknik total sampling, sehingga diperoleh sampel sejumlah 30 orang. Analisa data dalam penlitian ini mengunakan uji paired sample ttes.
Hasil Penelitian: Rata-rata pengetahuan sebelum diberikan pendidikan kesehatan adalah 13,90 kemudian meningkat menjadi 22,10 setelah diberikan pendidikan kesehatan. Berdasarkan uji t (paired test) didapatkan nilai t sebesar 7,497 dengan pvalue sebesar 0,001.
Kesimpulan: Terdapat pengaruh pendidikan kesehatan terhadap pengetahuan tentang Bullying di SDN 3 Karangasem.

Downloads

Download data is not yet available.

Author Biographies

Rindi Suryolelono

Program Studi Ilmu Keperawatan Universitas Sahid Surakarta

Atik Aryani

Program Studi Ilmu Keperawatan Universitas Sahid Surakarta

Rif Atiningtyas

Program Studi Ilmu Keperawatan Universitas Sahid Surakarta

Published
2020-08-10
How to Cite
SURYOLELONO, Rindi; ARYANI, Atik; ATININGTYAS, Rif. PENGARUH PENDIDIKAN KESEHATAN MELALUI AUDIOVISUAL TERHADAP PENGETAHUAN TENTANG BULLYING PADA ANAK KELAS V DI SDN 3 KARANGASEM. Jurnal Ilmu Keperawatan Indonesia (JIKI), [S.l.], v. 13, n. 1, p. 35-45, aug. 2020. ISSN 2657-0076. Available at: <http://jurnal.usahidsolo.ac.id/index.php/JIKI/article/view/526>. Date accessed: 28 oct. 2020.

Most read articles by the same author(s)