HUBUNGAN TINGKAT PENGETAHUAN TENTANG PRAKTEK MANDIRI KEPERAWATAN DENGAN MINAT STUDI LANJUT PROFESI NERS MAHASISWA S1 UNIVERSITAS SAHID SURAKARTA

  • Nur Qolbiatun
  • Vitri Dyah Herawati
  • Ahmad Syamsul Bahri

Abstract

Latar Belakang: Profesi keperawatan dituntut untuk memiliki kemampuan intelektual, interpersonal kemampuan teknis, dan moral. Hal ini bisa ditempuh dengan meningkatkan kualitas perawat melalui pendidikan lanjutan pada program Pendidikan Ners. Dengan demikian, diharapkan terjadi perubahan yang mendasar dalam upaya berpartisipasi aktif untuk menyukseskan program pemerintah dan berwawasan yang luas tentang profesi keperawatan. Perubahan tersebut bisa dicapai apabila pendidikan tinggi keperawatan tersebut dilaksanakan dengan memperhatikan perkembangan pelayanan dan program pembangunan kesehatan seiring dengan perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi bidang kesehatan serta diperlukan proses pembelajaran baik institusi pendidikan maupun pengalaman belajar klinik di rumah sakit dan komunitas.
Tujuan:penelitian menganalisis hubungan tingkat pengetahuan tentang praktek mandiri keperawatan dengan minat studi lanjut profesi ners pada mahasiswa S1 keperawatan di Universitas Sahid Surakarta.
Metode: Jenis penelitian ini deskriptif korelasional dengan desain cross-sectional. Populasi penelitian adalah 32 mahasiswa S1 keperawatan, sampel sebanyak 32 mahasiswa dengan teknik pengambilan sampel total sampling. Teknik analisis data menggunakan uji statistik korelasi Spearman’s Rank.
Hasil:(1) Sebagian besar mahasiswa S1 keperawatan Universitas Sahid Surakarta memiliki tingkat pengetahuan tentang praktek mandiri keperawatan kategori baik (53,13%), (2) Sebagian besar mahasiswa S1 keperawatan Universitas Sahid Surakarta memiliki minat studi lanjut profesi ners kategori baik (62,50%). (3) Terdapat hubungan yang signifikan antara tingkat pengetahuan tentang Praktek Mandiri Keperawatan dengan minat Studi Lanjut Profesi Ners mahasiswa S1 keperawatan Universitas Sahid Surakarta (p value 0,000). Simpulan:Terdapat hubungan yang signifikan antara tingkat pengetahuan tentang Praktek Mandiri Keperawatan dengan minat Studi Lanjut Profesi Ners mahasiswa S1 keperawatan.

Downloads

Download data is not yet available.

Author Biographies

Vitri Dyah Herawati

Prodi Ilmu Keperawatan Universitas Sahid Surkarta

Ahmad Syamsul Bahri

Program Studi Ilmu Keperawatan Universitas Sahid Surakarta

Published
2020-08-10
How to Cite
QOLBIATUN, Nur; HERAWATI, Vitri Dyah; BAHRI, Ahmad Syamsul. HUBUNGAN TINGKAT PENGETAHUAN TENTANG PRAKTEK MANDIRI KEPERAWATAN DENGAN MINAT STUDI LANJUT PROFESI NERS MAHASISWA S1 UNIVERSITAS SAHID SURAKARTA. Jurnal Ilmu Keperawatan Indonesia (JIKI), [S.l.], v. 13, n. 1, p. 63-75, aug. 2020. ISSN 2657-0076. Available at: <http://jurnal.usahidsolo.ac.id/index.php/JIKI/article/view/529>. Date accessed: 28 oct. 2020.

Most read articles by the same author(s)

1 2 3 > >>