STUDI PRINSIP DESAIN LOGO PT RAJAGRAFINDO PERSADA

  • Rofi Drias Prasetyanto
  • Asto Sugiharjanto
  • Soegeng Toekio

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui prinsip desain, makna yang terkandung dalam prinsip desain, dan pengaruh logo terhadap konsumen.Prinsip desain terdiri dari kesatuan, keseimbangan, irama, kontras, fokus, dan proporsi.


Secara visualisasi, logo adalah suatu gambar. Gambar itu bisa berupa berbagai unsur bentuk dan warna serta tipografi. Di dalam desain logo terdapat juga prinsip desain. Oleh karena sifat dari apa yang diwakili oleh logo berbeda satu sama lain, maka sebaiknya logo itu memiliki bentuk yang berbeda pula antar suatu perusahaan.PT RajaGrafindo Persada sebagai salah satu perusahaan penerbit buku perguruan tinggi yang berada di Depok, Jawa Barat juga mempunyai logo untuk perusahaan sebagai identitas dan logo tersebut juga mempunyai arti sendiri bagi perusahaan. Untuk mempunyai identitas sendiri dan mudah dikenal masyarakat luas pasti membutukan sebuah konsep dan strategi untuk menciptakan sebuah logo.


Metode penelitian yang dipakai dalam penelitian ini adalah metode penelitian kualitatif. Dalam penelitian ini pengumpulan data tidak dipandu oleh teori, tetapi dipandu oleh fakta fakta yang ditemukan pada saat penelitian dilapangan. Sumber data yang digunakan adalah informan dan dokumen. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah wawancara dan observasi. Teknik analisis data menggunakan analisis data flow chart.

Published
2019-03-15
How to Cite
PRASETYANTO, Rofi Drias; SUGIHARJANTO, Asto; TOEKIO, Soegeng. STUDI PRINSIP DESAIN LOGO PT RAJAGRAFINDO PERSADA. JURNAL KEMADHA, [S.l.], v. 6, n. 1, mar. 2019. Available at: <http://jurnal.usahidsolo.ac.id/index.php/kmd/article/view/323>. Date accessed: 29 mar. 2020.