Starategi Pembelajaran Media Piktogram Untuk Membangun Gairah Kesadaran Disiplin Pada Anak Didik SDII Al Abidin

  • Evelyne Henny Lukitasari

Abstract

Pendidikan di dalam keluarga, sekolah dan masyarakat akan sangat membantu anak dalam proses belajar baik secara intelektual, emosional dan sosial. Pendidikan


karakter menjadi hal yang penting mengingat pendidikan karakter melibatkan penanaman pengetahuan, kecintaan, kepekaan, kesadaran disiplin, kemandirian dan
kereatifitas pada anak. Kesadaran disiplin dapat dibangkitkan dengan gairah keinginan yang berkaitan dengan motivasi. Tingkat kesadaran disiplin juga dapat
dibangkitkan gairah kesadarannya melalui bahasa visual. Bahasa visual memiliki bentuk komunikasi dalam sistem tanda. Tanda sebagai sarana media komunikasi
visual yang dekat dengan lingkungan pendidikan adalah melalui media piktogram. Piktogram lalu digunakan sebagai alat untuk berkomunikasi melalui bahasa visual.
Piktogram melalui bahasa visual membuat orang melihat sekaligus membaca dan menganalisa mengenai maksud dari gambar yang ditampilkan yang melihat,
membaca dan menganaalisa piktogram yang akan menumbuhkaan kebiasan memecahkan masalah, kepekaan dan kesadaran disiplin. Penelitian ini adalah penelitian kualitatif menggunakan metode deskriptif dengan pendekatan semiotik. Metode pengumpulan data dengan studi pustaka, observasi, dan wawancara. Untuk mengembangkan piktogram digunakan untuk membangkitkan gairah kesadaran disiplin pada anak didik SDII Al Abidin Surakarta

Published
2019-03-15
How to Cite
LUKITASARI, Evelyne Henny. Starategi Pembelajaran Media Piktogram Untuk Membangun Gairah Kesadaran Disiplin Pada Anak Didik SDII Al Abidin. JURNAL KEMADHA, [S.l.], v. 6, n. 1, mar. 2019. Available at: <http://jurnal.usahidsolo.ac.id/index.php/kmd/article/view/326>. Date accessed: 29 mar. 2020.