PERANCANGAN CROCHET PADA ALAS KAKI “2 in 1” DIPADU DENGAN PERCA TENUN

Main Article Content

Sari Isnawati Saleha

Abstract

Perancangan ini dilatarbelakangi oleh kurangnya keberagaman sepatu dengan teknik crochet di pasaran dan keefisienan produk 2 in 1 yang dibuat dapat menjadi alternatif saat berpergian dan membutuhkan membawa sandal. Tujuan perancangan ini adalah menghasilkan inovasi motif crochet dan model sepatu baru yang dapat menambah keberagaman sepatu crochet sekaligus memenuhi kebutuhan konsumen. Sumber ide yang diambil yaitu Geometris sebagai struktur motif crochet yang dipadukan dengan perca tenun. Metode yang digunakan adalah metode perancangan menurut Colin Clipson. Perancangan ini menghasilkan 6 desain produk alas kaki 2 in 1. Hasil dari perancangan ini sebagai berikut: (1) Dengan mengakat sumber ide Geometris sebagai struktur motif crochet yang dipadukan dengan perca tenun dan produk alas kaki 2 in 1. (2) dari 6 desain divisualkan 3 produk dengan model sepatu boot, sepatu sneakers, sepatu pantofel, masing-masing menggunakan bahan tali kulit sintetis untuk crochetnya, menggunakan referensi warna Svarga.

Article Details

Section
Articles

References

Asih Pratiwi, Ari. 2011. Crocheting Untuk Pemula: Ragam Aksesoris Cantik. Jakarta: Kanaya Press.
Dwi Siswanto, Dennyan. 2006. Ornamen Geometris Sebagai Tema Penciptaan Karya Seni Grafis. Universitas Negeri Sebelas Maret
Hartanti, Grace. 2011. Tenun Dan Penerapannya Pada Desain Interior Sebagai Warisan Budaya Yang Memiliki Nilai Jual Yang Tinggi. Fakultas Komunikasi Media. Bina Nusantara University.
Mufidah Mandarwati, Arin. 2018. Pengembangan Modul Pembelajaran Pemanfaatan Limbah Perca Dengan Teknik Patchwork Pada Mata Pelajaran Teknologi Menjahit Siswa Kelas X Tata Busana SMK Negeri 1 Sewon. Fakultas Teknik. Universitas Negeri Yogyakarta.
Musman, Asti. 2015. Lurik (Pesona, Ragam, dan Filosofi). Yogyakarta: Penerbit Andi.
Ningsih, Ayu. 2015. Pemanfaatan Goni Sebagai Bahan Pembuatan Sepatu Wanita. Fakultas Bahasa dan Seni. Universitas Negeri Yogyakarta.
Prajogo, Mamata. 2010. Fashion
Crochet. Surabaya: Tiara Aksa.
Rizali, Nanang. 2012. Metode
Perancangan Tekstil. Surakarta:
UNS Press.
Suherseno, Hery. 2005. Desain Bordir
Motif Geometris. PT Gramedia
Pustaka Utama: Jakarta.
Sukari, Dkk. 2013. Kerajinan Batik
dan Tenun. Yogyakarta: Balai
Pelestarian
Nilai Budaya (BPNB).
Wibowo, Yuniar. 2011. Renda Rajut.
Surabaya: Tiara Aksa.