ETIKA KOMUNIKASI DALAM PENGGUNAAN MEDIA SOSIAL PADA IBU-IBU PKK DI DESA PLERET KABUPATEN BANTUL

Authors

  • inrah aprianto Universitas Mercu Buana Yogyakarta, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.47942/komunitas.v11i1.1799

Keywords:

Kata Kunci: Etika Komunikasi, Media Soaial, Instagram, Ibu-Ibu PKK

Abstract

Penelitian ini mengaji etika komunikasi yang berhubungan dengan penggunaan media sosial Instagram oleh ibu PKK di Desa Pleret Kabupaten Bantul DIY. Metode penelitian kualitatif ini digunakan untuk memahami perspektif pengalaman dan praktik komunikasi terkait media sosial. Hasil penelitian menunjukkan bahwa ibu-ibu PKK memerhatikan berbagai aspek etika dalam menggunakan Instagram seperti privasi, keaslian konten, dan dampak sosial. Implikasi dari temuan ini dapat memberikan wawasan tentang cara mendorong perilaku komunikasi yang etis di media sosial, khususnya dalam konteks komunitas lokal seperti PKK. Selain itu, penelitian ini merekomendasikan pengembangan program pelatihan atau workshop etika komunikasi di media sosial, khususnya bagi ibu-ibu PKK di Desa Pleret Kabupaten Bantul. Program ini dapat membantu meningkatkan pemahaman mereka tentang praktik yang bertanggung jawab dan etis dalam komunikasi secara daring dan meningkatkan kesadaran akan konsekuensi dari perilaku yang kurang etis. Selain itu, kerja sama antar pemerintah kota, organisasi kemasyarakatan, dan lembaga pendidikan dapat mendukung peningkatan literasi digital dan kesadaran etis dalam penggunaan media sosial

Downloads

Download data is not yet available.

References

Auliana, R. (n.d.). Komunikasi interpersonal.

Ihsani, A. F. A., & Febriyanti, N. (2021). Etika Komunikasi Sebagai Kontrol Kesalehan Virtual dalam Perilaku Bermedia Masyarakat di Era Digital. Jurnal Al Azhar Indonesia Seri Ilmu Sosial, 2(1), 24. https://doi.org/10.36722/jaiss.v2i1.512

Kurniawati, putri. (2017). No Titleالابتزاز الإلكتروني.. جرائم تتغذى على طفرة «التواصل ال. Universitas Nusantara PGRI Kediri, 01, 1–7.

Lovita, L., Dzakiyah, U., Angelika, R., & Natasya, Y. (2023). Analisis Pengaruh Media Sosial Melalui Aplikasi Digital Tiktok Sebagai Media Persuasif Terhadap Penerapan Etika Berkomunikasi Pada Mahasiswa. EDUSAINTEK: Jurnal Pendidikan, Sains Dan Teknologi, 10(1), 181–192. https://doi.org/10.47668/edusaintek.v10i1.653

Meidiaputri, R. D., & Mukhlis, I. (2023). Etika Komunikasi dalam Menggunakan Media Sosial (Suatu Kajian Literatur). Cognoscere: Jurnal Komunikasi Dan Media Pendidikan, 1(2), 21–29. https://doi.org/10.61292/cognoscere.v1i2.71

Mutiah, T., Albar, I., Fitriyanto, & A.Rafiq. (2019). Etika Komunikasi Dalam Menggunakan Media Sosial. Global Komunika, 1(1), 14–24. http://ejournal.stikom-db.ac.id/index.php/processor/article/view/107/105%0Ahttps://core.ac.uk/download/pdf/287201763.pdf

Naingolan, A. E., & Kartini. (2024). Istilah Etika , Pengertian Etika Komunikasi , dan Etika Komunikasi. Jurnal Pendidikan Tambusai, 8, 5004–5013.

Nikita, A., Sinuraya, B., Ndruru, M. A., Pratama, T., & Halawa, Y. (2024). Etika Komunikasi di Media Sosial Mahasiswa Mik di Stikes Santa Elisabeth Medan. 3(2), 114–119. https://doi.org/10.54259/mukasi.v3i2.2413

Prabowo, E., Fajrie, N., & Setiawan, D. (2021). Etika Komunikasi Siswa dalam Pembelajaran Daring Melalui Aplikasi Whatsapp. Jurnal Penelitian Dan Pengembangan Pendidikan, 5(3), 429. https://doi.org/10.23887/jppp.v5i3.38191

Priastuty, C. W., Rochimah, H. A. I. N., & Pramana. (2023). Benturan Etika Komunikasi di Tengah Pusaran Era Digital. Jurnal Ilmiah Dinamika Sosial, 7(2), 191–198. https://doi.org/10.38043/jids.v6i1.4917

Turnip, E. Y., & Siahaan, C. (2021). Etika Berkomunikasi dalam Era Media Digital. Jurnal Ekonomi, Sosial & Humaniora, 3(4), 1–8. https://www.jurnalintelektiva.com/index.php/jurnal/article/view/659

Downloads

Published

2025-03-03

Citation Check