Perancangan Buku Ilustrasi “Tips Mendampingi Anak Usia Sekolah Dasar Belajar Di Rumah” Untuk Orang Tua

Tips Mendampingi Anak Usia Sekolah Dasar Belajar Di Rumah

Authors

  • Ismail Hasan Syahroni Fakultas Seni Rupa dan Desain, Universitas Sebelas Maret, Jalan Ir. Sutami 36 Kentingan, Jebres, Surakarta, Jawa Tengah. 57126., Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.47942/ke.v14i1.1566

Abstract

  translator

Orang tua merupakan induk dan pusat pembelajaran bagi seorang anak. Sudah menjadi tanggung jawabnya untuk dapat membagi waktu antara pekerjaan dan menjaga prestasi anaknya di sekolah. Hal inilah yang membuat pendampingan seorang anak membutuhkan wawasan dan pengetahuan yang cukup, mulai dari menciptakan suasana rumah yang nyaman untuk belajar, memberikan perhatian yang cukup bagi anak, sampai membantu anaknya yang kesulitan dalam tugas dan pelajaran yang dianggap rumit. Maka dari itu, penulis merasa perlu untuk merancang sebuah buku ilustrasi tips mendampingi anak belajar di rumah yang diperuntukkan bagi orang tua. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kualitatif dengan menggunakan pendekatan edukasi dengan didukung oleh studi literatur terkait. Strategi kreatif dalam buku ilustrasi ini memperhatikan dan mengidentifikasi beberapa hal, yaitu target audiens, isi dan tema buku, serta gaya visual yang menjadi rujukan atas penyusunan buku ilustrasi ini. Media utama yang digunakan adalah buku ilustrasi. Media pendukung yang digunakan adalah e-book, instagram ads, poster, sticker, x-banner dan tote bag. Melalui penelitian ini terlihat bahwa banyak aspek yang harus diperhatikan orang tua dalam pendampingan anaknya belajar di rumah. Sehingga, media buku ilustrasi ini diharapkan mampu membantu orang tua dalam mendampingi anak belajar di rumah.

  BahasaBahasa     Double-click   Select to translate

  Parents are the learning center for a child. It is their responsibility to be able to divide their time between work and maintaining their child's achievements in school. This is what makes the mentoring of a child requires sufficient insight and knowledge, starting from create a comfortable home atmosphere for learning, giving attention for the child, to help the child who is difficult in the task and lessons that are considered complicated. Therefore, the author feels the need to design an illustrated book of tips to accompany children to study at home that is intended for parents. Through this research, it is seen that many aspects that parents should pay attention to in mentoring their children to study at home. Thus, the media of this illustrated book is expected to be able to assist parents in accompanying children to study at home.       Double-click   Select to translate

 

 

Downloads

Download data is not yet available.

Downloads

Published

2024-04-23

Citation Check