Perancangan Buku Ilustrasi “Tips Mendampingi Anak Usia Sekolah Dasar Belajar Di Rumah” Untuk Orang Tua
Tips Mendampingi Anak Usia Sekolah Dasar Belajar Di Rumah
DOI:
https://doi.org/10.47942/ke.v14i1.1566Abstract
Orang tua merupakan induk dan pusat pembelajaran bagi seorang anak. Sudah menjadi tanggung jawabnya untuk dapat membagi waktu antara pekerjaan dan menjaga prestasi anaknya di sekolah. Hal inilah yang membuat pendampingan seorang anak membutuhkan wawasan dan pengetahuan yang cukup, mulai dari menciptakan suasana rumah yang nyaman untuk belajar, memberikan perhatian yang cukup bagi anak, sampai membantu anaknya yang kesulitan dalam tugas dan pelajaran yang dianggap rumit. Maka dari itu, penulis merasa perlu untuk merancang sebuah buku ilustrasi tips mendampingi anak belajar di rumah yang diperuntukkan bagi orang tua. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kualitatif dengan menggunakan pendekatan edukasi dengan didukung oleh studi literatur terkait. Strategi kreatif dalam buku ilustrasi ini memperhatikan dan mengidentifikasi beberapa hal, yaitu target audiens, isi dan tema buku, serta gaya visual yang menjadi rujukan atas penyusunan buku ilustrasi ini. Media utama yang digunakan adalah buku ilustrasi. Media pendukung yang digunakan adalah e-book, instagram ads, poster, sticker, x-banner dan tote bag. Melalui penelitian ini terlihat bahwa banyak aspek yang harus diperhatikan orang tua dalam pendampingan anaknya belajar di rumah. Sehingga, media buku ilustrasi ini diharapkan mampu membantu orang tua dalam mendampingi anak belajar di rumah.
- Afrikaans
- Albanian - shqipe
- Arabic - العربية
- Armenian - Հայերէն
- Azerbaijani - azərbaycanca
- Basque - euskara
- Belarusian - беларуская
- Bengali - বাংলা
- Bulgarian - български
- Catalan - català
- Chinese - 中文(简体中文)
- Chinese - 中文 (繁體中文)
- Croatian - hrvatski
- Czech - čeština
- Danish - dansk
- Dutch - Nederlands
- English
- Esperanto - esperanto
- Estonian - eesti
- Filipino
- Finnish - suomi
- French - français
- Galician - galego
- Georgian - ქართული
- German - Deutsch
- Greek - Ελληνικά
- Gujarati - ગુજરાતી
- Haitian Creole - kreyòl ayisyen
- Hebrew - עברית
- Hindi - हिन्दी
- Hungarian - magyar
- Icelandic - íslenska
- Indonesian - Bahasa Indonesia
- Irish - Gaeilge
- Italian - italiano
- Japanese - 日本語
- Kannada - ಕನ್ನಡ
- Korean - 한국어
- Latin - Lingua Latina
- Latvian - latviešu
- Lithuanian - lietuvių
- Macedonian - македонски
- Malay - Bahasa Melayu
- Maltese - Malti
- Norwegian - norsk
- Persian - فارسی
- Polish - polski
- Portuguese - português
- Romanian - română
- Russian - русский
- Serbian - Српски
- Slovak - slovenčina
- Slovenian - slovenščina
- Spanish - español
- Swahili - Kiswahili
- Swedish - svenska
- Tamil - தமிழ்
- Telugu - తెలుగు
- Thai - ไทย
- Turkish - Türkçe
- Ukrainian - українська
- Urdu - اردو
- Vietnamese - Tiếng Việt
- Welsh - Cymraeg
- Yiddish - יידיש
- Afrikaans
- Albanian - shqipe
- Arabic - العربية
- Armenian - Հայերէն
- Azerbaijani - azərbaycanca
- Basque - euskara
- Belarusian - беларуская
- Bengali - বাংলা
- Bulgarian - български
- Catalan - català
- Chinese - 中文(简体中文)
- Chinese - 中文 (繁體中文)
- Croatian - hrvatski
- Czech - čeština
- Danish - dansk
- Dutch - Nederlands
- English
- Esperanto - esperanto
- Estonian - eesti
- Filipino
- Finnish - suomi
- French - français
- Galician - galego
- Georgian - ქართული
- German - Deutsch
- Greek - Ελληνικά
- Gujarati - ગુજરાતી
- Haitian Creole - kreyòl ayisyen
- Hebrew - עברית
- Hindi - हिन्दी
- Hungarian - magyar
- Icelandic - íslenska
- Indonesian - Bahasa Indonesia
- Irish - Gaeilge
- Italian - italiano
- Japanese - 日本語
- Kannada - ಕನ್ನಡ
- Korean - 한국어
- Latin - Lingua Latina
- Latvian - latviešu
- Lithuanian - lietuvių
- Macedonian - македонски
- Malay - Bahasa Melayu
- Maltese - Malti
- Norwegian - norsk
- Persian - فارسی
- Polish - polski
- Portuguese - português
- Romanian - română
- Russian - русский
- Serbian - Српски
- Slovak - slovenčina
- Slovenian - slovenščina
- Spanish - español
- Swahili - Kiswahili
- Swedish - svenska
- Tamil - தமிழ்
- Telugu - తెలుగు
- Thai - ไทย
- Turkish - Türkçe
- Ukrainian - українська
- Urdu - اردو
- Vietnamese - Tiếng Việt
- Welsh - Cymraeg
- Yiddish - יידיש